Ditjen Pajak Bisa Intip Informasi Nasabah Singapura dan Swiss

Ditjen Pajak Bisa Intip Informasi Nasabah Singapura dan Swiss

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) menyebut pemerintah Indonesia akan meneken kesepakatan Perjanjian Bilateral Otoritas Kompeten (Bilateral Competent Authority Agreement/BCAA) dengan Singapura dan perjanjian khusus dengan Swiss usai perayaan Hari Raya Idul Fitri atawa lebaran, yakni pada awal Juli mendatang.

“Singapura setelah lebaran. Singapura itu minta kalau Hong Kong sudah (akan segera sepakati), kan Hong Kong sudah. Swiss seharusnya besok, Kamis, tetapi belum siap. Swiss juga setelah lebaran,” ujar Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi di Kantor Pusat DJP Kemenkeu, Rabu (21/6).

Menurut Ken, perjanjian dengan Singapura merupakan salah satu perjanjian yang paling dikejar oleh pemerintah. Bahkan, diprioritaskan lantaran besarnya potensi harta Warga Negara Indonesia (WNI) di Singapura.

Sementara dengan Swiss, perjanjian bukan bersifat BCAA. Namun, sebagai perjanjian khusus tambahan untuk melaksanakan sistem keterbukaan dan akses pertukaran informasi (Automatic Exchange of Information/AEoI) yang telah disepakati lewat Perjanjian Multilateral Otoritas Kompeten (Multilateral Competent Authority Agreement/MCAA).

“Swiss akan tanda tangan, ada kesalahan, mereka anggap kami ikut pada 2019. Jadi, draf (kesepakatannya) tahun 2019. Tapi, sekarang draf-nya sudah ada, tinggal tanda tangan (setelah lebaran),” jelas Ken.

Sementara itu, Direktur Penyuluhan, mengatakan, ada 10 negara yang akan meneken kesepakatan BCAA dengan Indonesia, yaitu Hong Kong, Singapura, Panama, Uni Emirat Arab, Brunei Darussalam, Macau, Dominica, Vunuatu, Trinidad & Tobago, dan Bahama.

“Nanti, kami akan (membuat kesepakatan BCAA) dengan semuanya cuma saat ini yang prioritas dulu (seperti Singapura dan Swiss),” terang Yoga pada kesempatan yang sama.

Sementara, sebelumnya Indonesia telah mengantongi kesepakatan BCAA dari Hong Kong pada akhir pekan lalu. Hong Kong menjadi yang pertama lantaran menjadi syarat ikutnya Singapura untuk menandatangani BCAA dengan Indonesia.

Sumber : cnnindonesia.com, Rabu, 21/06/2017

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: