Modernisasi IT untuk Intip Data Nasabah Akan Dinilai September

\Modernisasi IT untuk Intip Data Nasabah Akan Dinilai September

JAKARTA – Dalam waktu dekat Indonesia akan memiliki modernisasi teknologi di bidang perpajakan guna menyederhanakan sistem perpajakan di Indonesia. Teknologi ini juga menjadi salah satu hal yang harus dimiliki oleh Indonesia untuk bisa ikut dalam Automatic Exchange Of Information (AEoI).

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Humas Ditjen Pajak, Hestu Yoga Saksama mengatakan modernisasi IT akan di-assessment oleh negara-negara Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (Organisation for Economic Co-operation and Development/OECD). Apakah Indonesia sudah memenuhi syarat atau belum.

“Tahun lalu sudah, setelah ini mereka pada Juli mereka akan menetapkan Negara yang comply atau enggak, nah next-nya kemudian mereka akan assessment IT,” ungkapnya di Kantor Pusat Pajak, Jakarta, Rabu (21/6/2017).

Menurutnya, saat ini yang harus diselesaikan oleh pemerintah adalah mengubah Perppu menjadi Undang-Undang yang saat ini masih menunggu keputusan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Pasalnya pengumuman regulasi akan si lakukan 7 hingga 8 Juli, sehingga Perppu harus menjadi UU sebelum pengumuman tersebut.

“Juli ini kan soal regulasi saja. 7-8 Juli mereka akan umumkan mana saja negaranya, setelah itu untuk itu mereka akan lakukan assessment di tahun ini tapi enggak tahu persis kapan. Dulu kan udah pernah, ya ada yang harus diperbaiki tapi minor. Mungkin September mereka akan lakukan lagi assessment,” jelasnya.

Sementara itu, selain mengenai Perppu yang harus menjadi Undang-Undang dan modernisasi IT. OECD juga meminta sesuatu yang menjamin bahwa data yang didapatkan bisa aman dan tidak bocor.

“(Permintaan tambahan OECD) Program, kemudian protection ke data itu dan regulasi siapa yang bisa akses, bukan hanya alatnya saja, assessment pertama tahun lalu kita cukup baik,” tukasnya.

Sumber : okezone.com,

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: