RAPBN-P 2017, Target Penerimaan Pajak Dipangkas Rp50 Triliun

Jakarta. Pemerintah memangkas target penerimaan pajak sebesar Rp50 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2017. Target tersebut semula diusulkan Rp1.498,9 triliun menjadi Rp1.458,9 triliun.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, langkah ini cukup realistis jika menengok dari hasil pemerimaan pajak tahun lalu

“Jadi memang kami melihatnya lebih baik targetnya diturunkan daripada tetap tapi tidak tercapai,” ucapnya di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis 6 Juli 2017.

Darmin menuturkan, untuk Pajak Penghasilan (PPh) Migas, pemerintah mengusulkan target penerimaan sebesar Rp40 triliun, lebih besar dibandingkan target APBN 2017 yang sebesar Rp35,9 triliun. Sementara penerimaan pajak nonmigas ditargetkan lebih rendah dari APBN 2017 yakni Rp1.221,8 triliun dari semula Rp 1.271,7 triliun.

“Penerimaan PPh nonmigas sebesar Rp722,2 triliun, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar Rp475,5 triliun, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebesar Rp15,4 triliun, dan pajak lainnya sebesar Rp8,7 triliun,” tutur dia.

Dalam RAPBN-P 2017, pemerintah juga memotong penerimaan kepabeanan dan cukai menjadi Rp189,1 triliun, dari target sebelumnya Rp191,2 triliun. Dengan rincian penerimaan cukai ditargetkan sebesar Rp153,2 triliun, bea masuk sebesar Rp33,3 triliun, dan bea keluar Rp2,7 triliun.

“Penerimaan kepabeanan dan cukai turun Rp2 triliun karena penyesuaian produksi rokok dan belum tumbuhnya sumber cukai yang baru,” tutupnya.

Berdasarkan catatan Kementerian Keuangan, realisasi penerimaan pajak pada semester I tahun ini baru mencapai Rp571,9 triliun, atau naik 9,6 persen dibandingkan realisasi penerimaan pajak periode yang sama tahun lalu.

Sumber: metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Pemeriksaan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: