Capaian Pajak Kanwil DJP Jateng I Baru 39%

SEMARANG. Kendati kini sudah tengah tahun, penerimaan pajak Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah (Jateng) I baru tercatat Rp12,1 triliun atau 39% dari target penerimaan tahun 2017 ini Rp31,6 triliun.

Meski masih jauh dari target, Kepala Kanwil DJP Jateng I Irawan mengaku optimistis penerimaan pajak tahun 2017 ini bisa tercapai. Ia yakin realisasi pajak yang diperoleh pihaknya akan meroket tajam pada akhir-akhir tahun nanti.

“Pola bisnisnya memang seperti itu. Biasanya kalau semester I, penerimaan kita seringkali jauh dari target yang dicanangkan. Tapi, biasanya akan mengalami peningkatan menjelang akhir-akhir tahun nanti,” ujar Irawan saat dijumpai wartawan saat acara halalbihalal di Ungaran, Kabupaten Semarang, Selasa (11/7/2017).

Irawan menyebutkan banyak instansi pemerintah yang baru membelanjakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Begitu juga instansi swasta yang baru melakukan pembayaran pajak pada semester kedua.

“Kondisi semacam itu juga terjadi pada tahun lalu. Bahkan, penerimaan pajak tahun ini bisa dikatakan jauh lebih baik jika dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama [semester I],” beber Irawan.

Pada tahun 2016 lalu, Kanwil DJP Jateng I gagal memenuhi target dalam hal penerimaan pajak. Dari target yang dicanangkan sekitar Rp32 triliun, Kanwil DJP Jateng I hanya mampu memperoleh penerimaan pajak sekitar Rp29,8 triliun.

Kondisi itu pulalah yang kemungkinan membuat target realisasi pajak Kanwil DJP Jateng I mengalami penurunan. Namun, Irawan membantah jika turunnya target itu lebih dikarenakan pencapaian tahun lalu yang tidak sesuai target.

“Kalau turun itu sudah semestinya. Tahun lalu kita kan memang dapat tambahan dari berbagai sektor seperti tax amnesty. Kalau tahun ini kan tidak ada lagi. Jadi wajar kalau [target penerimaan pajak] turun,” beber Irawan.

Irawan menyebutkan tahun ini wajib pajak yang berpontensi memberikan kontribusi penerimaan pajak di Jateng masih berasal dari sektor industri, seperti rokok, mebel, dan lain-lain.

Sumber : solopos.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: