Kadin Tuntut Penghapusan Pajak Teknologi Baru

Kota. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Gresik berharap pemerintah dapat membebaskan pajak bagi pelaku bisnis start up berbasis teknologi yang baru tumbuh. Sebab, beban pajak yang tinggi menjadi kendala bagi industri kreatif dapat berkembang.

Ketua Kadin Gresik, Lailatul Qodri mengusulkan pemerintah dapat memberikan arahan serta stimulus bagi sektor ini seperti pelatihan, akses permodalan, dan kemudahan perizinan.

“Saya berharap agar pelaku start up di Gresik tidak dibebani pajak sampai nanti mereka sudah punya pendapatan tetap ,”ujar Qodri.

Dikatakan, pemerintah harus berterima kasih kepada pelaku industri start up berbasis teknologi karena mampu menyerap tenaga kerja yang cukup besar. Sebagai contoh kemunculan transportasi berbasis online dan market place yang menjamur belakangan. Kehadiran mereka sudah terbukti mampu memberikan andil bagi perekonomian nasional dan pembukaan lapangan kerja.

“Di Gresik mayoritas pelaku startup berbasis tekhnologi adalah anak muda. Apabila diterapkan aturan pajak yang ketat saya khawatir mereka malas jadi pengusaha,”imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator Komunitas Tangan Di Atas (TDA) salah satu organisasi industri kreatif di Gresik, Firdaus menyarankan pada pemerintah agar terlebih dahulu mengejar para pelaku usaha di sektor industri kreatif berbasis teknologi dari negara lain sebelum mengejar para wajib pajak domestik yang juga bergelut di sektor ini.

“Pelaku industri asing di sektor ini masih banyak yang belum membayar kewajibannya kepada negara. Jangan pengusaha lokal seperti kami ini di awasi secara ketat,”ujarnya.

Firdaus menuturkan, di Tiongkok dan Singapura pemerintahnya baru membebankan pajak kepada startup-nya setelah 5 tahun berjalan.

“Disamping itu, kami berharap pemerintah terus melakukan sosialisasi agar pelaku startup yang telah sukses harus mengeluarkan faktur pajak sebagai perlindungan terhadap usaha maupun konsumen,”tandasnya.

Sumber: jawapos.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Pemeriksaan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: