Lolos dari Pajak selama Bertahun-tahun, Pemilik Mobil Mewah Terlalu Dimanjakan!

Badan Pajak dan Retribusi Daerah DKI Jakarta (BPRD) mencatat, ada sekira 1.700 mobil seharga Rp1 miliar ke atas yang terungkap belum bayar pajak. Adapun nilai pembayaran pajaknya sebesar Rp400 miliar.

Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis Yustinus Prastowo menilai pengungkapan itu sebagai suatu hal positif. Bagaimana tidak, sebab kata dia mobil-mobil mahal sudah cukup lama terbebas dari pajak.

“Saya kira ini positif ya, karena saya kira ini sudah bertahun-tahun,” jelas Yustinus ketika dihubungi Okezone di Jakarta, Sabtu (26/8/2017).

Berlarut-larutnya mobil mahal itu terhindar dari pajak, dinilai olehnya bahwa seakan-akan penegakan hukum (law enforcement) di sektor pajak kendaraan dimaksud begitu rendah. Sehingga pemiliknya terhindar dari pajak dalam waktu yang cukup lama.

“Selama ini kan tiap tahun ada pemutihan-pemutihan. Jadi kan kesannya malah memanjakan para wajib pajak pemilik kendaraan,” ungkapnya.

Padahal pemilik kendaraan roda empat seharga di atas Rp1 miliar itu dapat dikategorikan sebagai golongan yang jauh dari kata tidak mampu. Sudah sepatutnya mereka membayar pajak. Terutama pajak kendaraan mewah mereka. “Kalo diukur kan dia kuat beli kendaraan harusnya dia kuat bayar pajak, enggak ada alasan (tidak bayar pajak),” lanjut Yustinus.

“Nah itu yang saya kira perlu sinyal penegakan hukum. Karena ternyata kan kepatuhannya baru 60% gitu loh,” tandasnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: