Keyakinan Konsumen Agustus melemah

Jakarta. Setelah sempat meningkat di juli lalu, optimisme konsumen di agustus 2017 kembali melemah. Hasil survey konsumen bank Indonesia (BI) menunjukkan, indeks Keyakinan konsumen (IKK) pada agustus 2017 hanya sebesar 121,9, turun 1, poin dibanding juli 2017.

Penurunan IKK ini terjadi karena menurunnya persepsi konsumen terhadap penghasilan saat ini dan ketepatan waktu pemelian arang tahan lama. Namun ekspektasi terhadap ketersediaan lapangan perkerjaan enam bulan meningkat. “penurunan IKK agustus 2017 terjadi hampir di semua kelompok reponden, terutama pada responden dengan pengeluaran Rp 4,1 juta-Rp 5 juta dan Rp 1juta-Rp2 juta per bulan dengan kelompok umur 51-60 tahun, “seperti dikutip KONTAN dari situs resmi BI, kamis (7/9).

Pada agustus, indeks kondisi ekonomo saat inni (IKE) turun 2,6 poin dari juli 2017. Penurunan pada indeks penghasilan saat ini dan ketepatan pembelian barang tahan lama masing masing 5,6 poin dan 3,7 poin. Sedangkan indeks ekspektasi kondisi ekonomi (IEK) turun 0,4 poin dari posisinya pada juli 2017.

Seiring degan penurunan  ideks penghasilan, pada agustus 2017 porsi pendapatan yang digunakan untuk konsumsi juga menurun 0,2% menjadi 63,8%. Begitu juga dengan pembayaran cicilan pinjaman pendapatan, yang turun 0,3% menjadi 15,1%. Sebaliknya, porsi tabgungan terhadapp pendapatan naik 0,5% menjadi 12,1%.

Hasil survey BI menunjukkan penurunan indeks penghasilan terutama terjadi pada kelompok responden dengan pengeluaran diatas Rp 3 juta per bulan. Sedangkan untuk kelompok responden dengan pengeluaran Rp 1juta-RP 2juta dan Rp 2,1 juta-Rp 3 juta naik. Meihat survey ini, ekonom Samuel aseet manajemen lana soelisianingsih menduga, melemahnya optimisme konsumen di bulan agustus 2017 hanya bersifat temporer. Oleh karena itu dia yakin pelemahan itu seharusnya tidak berlanjut hingga bulan ini.

Menurut lana, pelemahan optismisme konsumen di bulan lalu sejalan degan tidak adanya pemicu konsumen untuk mealkukan pembelian barang tahan lama. “masuk di kuartal IV, baru ada kenaikan. Di bulan agustus juga masih ada tahun ajaran sehingga mungkin konsumen agak menahan konsumsi, “ kata lana kepada KONTAN, kamis (7/9).

Lana Menambahkan, keakinan konsumen pada September 2017 seharusnya mulai naik hingga akhir tahun. Sebab, bulan September ini pengeluaran pemerintah mulai meningkat. “ konsumen seharusnya terbantu pengeluaran pemerintah. Sehingga jangan sampai pennurunan optimisme itu berlanjut di September ini,” jelasnya.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Artikel

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: