Di DPR, Sri Mulyani Diminta Ekstensifikasi Cukai dan Perbaiki Sistem Subsidi

Komisi XI DPR RI dalam rapat dengar pendapat dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta kepada pemerintah untuk kembali mengkaji berbagai kebijakan. Salah satunya adalah pemberian subsidi yang dampaknya dinilai belum dirasakan oleh pemerintah.

Anggota Komisi XI DPR RI Ana Muawanah mengatakan pemerintah juga perlu memperhatikan kebijakan pada sektor penerimaan. Salah satunya dengan melakukan ekstensifikasi pajak.

Menurutnya, ekstensifikasi ini telah dibahas sejak tahun 2016 lalu. Namun, hingga saat ini ekstensifikasi belum dilakukan.

“Bu Ani, ini saya sebut nama saja Bu Menteri Keuangan, tolonglah apa yang menjadi kesepakatan kita di rapat banggar dan komisi itu dilaksanakan, kenapa tidak? Lobinya sangat kuat tarik menarik, inilah forum politik,” ujarnya kepada Sri Mulyani di ruang rapat DPR RI, Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Ektensifikasi ini diminta oleh DPR dapat dilakukan pada 2018 mendatang. Hal ini perlu dilakukan ingin meningkatkan penerimaan negara.

Selain ektensifikasi, DPR RI juga meminta agar pemerintah dapat menerapkan kebijakan secara lebih adil. Salah satunya adalah pada sektor subsidi. Subsidi diminta untuk diberikan seusai kebutuhan pada setiap daerah.

“Saya pikir beda-beda, mungkin NTT lebih suka dikasih sapinya supaya lebih aman, diberi asuransinya. Di Manado mungkin beda lagi, Jatim, Jateng, dan Jabar itu mungkin tembakau saja,” ujarnya.

Jika kebijakan ini dilakukan, kepercayaan masyarakat kepada pemerintah diharapkan dapat meningkat. Saat ini, kepercayaan masyarakat kepada pemerintah memang sangat tinggi.

Indonesia saat ini menduduki peringkat pertama untuk Trust and Confidence in National Government berdasarkan survei dari Gallup data. Data tersebut dikeluarkan oleh OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) dalam publikasinya, Government at a Glance 2017 yang dipublikasikan pada 13 Juli 2017.

“Kepercayaan kepada pemerintah bisa lebih meningkat. Tapi kalau ke DPR paling hanya 20%,” kelakar Ketua Komisi XI DPR RI Melchias Marcus Mekeng.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: