Tak Tepat bila BPJS Ketenagakerjaan Beli Saham Freeport

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan berminat untuk ‎membeli saham PT Freeport Indonesia (PTFI). Untuk membeli saham perusahaan tambang tersebut, BPJS Ketenagakerjaan akan menggunakan iuran peserta.

Pengamat ‎Hukum dan Sumber Daya Alam Ahmad Redi mengatakan, rencana penggunaan uang iuran peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk diinvetasikan secara langsung dengan membeli saham Freeport perlu dipertimbangkan kembali. Pasalnya, uang tersebut milik masyarakat banyak.

“Itu perlu dipertimbangkan,karena BPJS itu dana masyarakat,” kata Ahmad, dalam sebuah diskusi, di Kawasan Cikini, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Dana yang berada di BPJS Ketenagakerjaan sebaiknya digunakan untuk pelayanan masyarakat membayar pensiunan. Jika uang tersebut digunakan untuk membeli saham Freeport, dia khawatir pelayanan ke masyarakat akan terbengkalai.

“Untuk melayani masyarakat, konsep pelayanan tenaga kerja itu konteks pengelolaan usaha dipenuhi dulu untuk membayar tenaga kerja pensiun, tidak rekomendasilah,” ujar Ahmad.

Ahmad mengungkapkan, pembeli saham Freeport seharusnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN), tetapi‎ yang memiliki bisnis inti sesuai dengan bisnis Freeport. “Kalau sebaiknya dari BUMN, jangan ditunggangi asing juga seperti Amman Mineral,” ujarnya.

Untuk dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tidak bisa diandalkan. Pasalnya, saat ini pemerintah sedang fokus untuk membiayai pembangunan infrastruktur.

“Kalau APBN susah, sekarang pemerintah susah untuk infrastruktur, pemerintah mengejot kebijakan fiskal, jika masukan APBN untuk divestasi susah juga,” tutup Ahmad.

Sumber : liputan6.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: