Kejar Target Pajak

Sementara itu, Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat (Humas) Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama menegaskan bawah pihaknya akan mengejar target penerimaan pajak Rp 1.283 triliun hingga akhir tahun 2017.

“Kita berusaha semaksimal mungkin dalam tiga bulan ke depan untuk mencapai penerimaan itu. Biasanya tiga bulan terakhir akan meningkat karena aktivitas ekonomi meningkat, kemudian belanja pemerintah kita juga melaksanakan aktivitas extra effort untuk mengejar penerimaan,” ujar Yoga saat dihubungi Investor Daily, Sabtu (30/9).

Dia menjelaskan, realisasi penerimaan pajak hingga Agustus 2017 sebesar 53% dari target. Sedangkan pada periode sama 2016 penerimaan pajak baru mencapai 46,5%. Peningkatan ini terjadi karena ada beberapa sektor mengalami peningkatan pendapatan seperti minyak dan gas (migas), Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi (OP), dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Peningkatan PPh OP terutama bagi wajib pajak yang ikut amnesti pajak.

“PPN dalam negeri meningkat sampai 13%, artinya daya beli masyarakat masih terjaga. PPN meningkat walaupun terjadi pergeseran dari belanja ritel menjadi online,” ujar Yoga.

Pemerintah akan meningkatkan pengawasan kepada WP yang mengikuti tax amnesty. “Ada peningkatan WP yang membayar pajak, kami akan upayakan konsisten di situ sampai akhir tahun. Batubara dan kelapa sawit juga harganya meningkat terus, kami akan mengawasi,” tegas Yoga.

Yoga mengatakan, Ditjen pajak juga melakukan extra effort seperti ekstensifikasi pajak, menambah jumlah WP yang terdaftar serta membuat Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2017 untuk memberi kepastian hukum bagi WP peserta amnesti pajak.

Sumber : beritasatu.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: