Sri Mulyani Mengonfirmasi Soal Daya Beli, Naik atau Turun?

Pemerintah mengklaim daya beli masyarakat tengah berada dalam fase mulai menanjak. Indikator pungutan pajak terhadap aktivitas konsumsi mengonfirmasi adanya tren kenaikkan tersebut.

Usai menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Selasa (3/10/2017), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengemukakan data realisasi penerimaan pajak terkini menunjukan tren pergerakan seluruh sektor ekonomi yang berada pada fase positif.

“Penerimaan perpajakan kita dari seluruh sektor ekonomi itu terutama sektor yang selama ini dianggap menghadapi tekanan ternyata cukup positif, manufaktur positif, kemudian perdagangan yang selama ini dianggap ada daya beli menurun, juga positif. Hal seperti ini yang menunjukan kegiatan ekonomi kita mulai pickup,” paparnya.

Dia menjelaskan, penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang merupakan refleksi dari aktivitas konsumsi melaju 14%-15% dari tahun sebelumnya, diiringi dengan PPN impor yang meningkat 20%-26% dan jasa titipan atau kurir yang naik 100%.

Menkeu menyatakan penerimaan dari nyaris semua sektor, termasuk manufaktur, konstruksi, perdagangan, jasa perusahaan, telekomunikasi, telah berada pada teritorial digit ganda secara bruto. Hal itu, lanjutnya, mengindikasikan kegiatan usaha di sektor-sektor itu masih dalam level sehat.

Untuk itu, Presiden meminta agar momentum ini terus dipertahankan. “Namun, kita harus hati-hati. Presiden meminta untuk menjaga optimisme dan momentum ekonomi, jadi kita akan lihat sampai dengan September dan outlooknya sampai Desember, langkah-langkah apa yang akan dilakukan.”

Sumber : bisnis.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: