KPK Ungkap Modus Pemilik Mobil Mewah dan Moge Hindari Pajak

Komisi Pemberantasan Korupsi menyoroti soal tata kelola retribusi dan pajak daerah DKI Jakarta. Terutama, tentang banyaknya kendaraan mewah yang menunggak pajak.

Menurut Komisioner KPK, Basaria Pandjaitan, kendaraan mewah menunggak pajak karena Pemprov DKI belum memiliki pola penagihan yang strategis dengan mempertimbangkan kemungkinan taktik cara penagihan.

“Termasuk, yang namanya moge (Motor Gede) dan mobil-mobil mewah. Apakah semua itu sudah benar-benar bayar pajak?,” kata Basaria, Rabu, 4 Oktober 2017.

Basaria menuturkan, para pemilik mobil memiliki banyak cara untuk dapat menghindari membayar pajak. Dia yakin, modus-modus para orang kaya sebenarnya sudah diketahui Kepolisian.

“Saya yakin, modus-modus ini Polda sudah tahu. Misal memanfaatkan importir, daerah kepabeanan, ditemukan beberapa mobil mewah yang dipakai si A, tetapi belum atas nama si A (belum balik nama),” ujarnya.

Apa yang dikatakan Basaria ini sebenarnya sudah pernah terbukti adanya. Bahkan, diketahui pemilik mobil mewah yang tak mau bayar pajak berasal dari kalangan pejabat dan artis.

Seperti diberitakan pada Rabu lalu, 23 Agustus 2017. Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta, sedang aktif melakukan operasi dari pintu ke pintu terhadap para pemilik kendaraan mewah. Sebab, setidaknya ada sekitar 1.700 pemilik kendaraan mewah masih menunggak pajak.

Baru-baru ini, BPRD DKI mendatangi kediaman sejumlah aktris yang diketahui masih menunggak pajak kendaraan mewah, seperti Raffi Ahmad, Ahmad Dhani, dan Roro Fitria.

Kepala BPRD DKI, Edi Sumantri mengatakan, tak hanya ke sejumlah artis, pihaknya juga bakal mendatangi sejumlah kediaman pengusaha dan pejabat yang menunggak pajak kendaraan mewah.

“Beragam sebetulnya (yang menunggak pajak kendaraan mewah). Artis tidak terlalu banyak. Jadi, para pengusaha dengan nama perusahaan, para pejabat, para pengacara pun ada. Jadi beragam” kata Edi di Kantornya, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat.

Sumber : viva.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: