Sri Mulyani Minta Start Up Tak Takut Bayar Pajak

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengimbau pelaku usaha rintisan (start up) dan kreatif tidak menjadikan pajak sebagai momok yang menakutkan.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengungkapkan pengenaan pajak dikenakan pada hasil usaha. Adapun, selama usaha rintisan belum memberikan hasil, pemerintah tidak akan mengenakan pajak pada pelaku usaha.

“Kalau pendapatan anda omzetnya di bawah Pendapatan Tidak Kena Pajak (PTKP), di bawah Rp 4,8 miliar, Anda sebenarnya tidak perlu membayar pajak, kalaupun bayar pajak adalah bayar pajak usaha kecil yang hanya 1 persen, jadi tidak usah khawatir,” ujar Sri Mulyani saat menjadi pembicara di salah satu sesi Ideafest 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (6/10).

Sri Mulyani memaparkan kebijakan fiskal negara salah satunya memiliki fungsi untuk mengurangi kesenjangan. Dengan menarik pajak, pemerintah juga bisa mendistribusikan kekayaan dari si kaya ke si miskin, antara lain dalam bentuk pembiayaan belanja pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

Lebih lanjut, Sri Mulyani juga menegaskan komitmen pemerintah untuk membesarkan industri kreatif sebagai penopang ekonomi nasional. Komitmen itu telah disampaikan Presiden Joko Widodo sejak masa kampanye pemilihan presiden.

Karenanya, pemerintah berusaha menciptakan iklim industri yang mendukung misalnya dalam hal regulasi, ketersediaan infrastruktur, dan proses perizinan. Hal itu diwujudkan dalam bentuk kebijakan misalnya kemudahan proses perizinan dan relaksasi aturan daftar negatif investasi untuk sektor industri kreatif.

“Idenya adalah supaya kreatifitas menjadi ekonomi kreatif yang bisa menghasilkan nilai, jangan terlalu dirusuhin,” ujarnya.

Sumber : cnnindonesia.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: