Beli Emas Kena Pajak, Ini Besarannya

PT Aneka Tambang (Antam) Tbk akan mengenakan pajak untuk seluruh pembelian emas. Kebijakan itu berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 34/PMK.010/2017.

Dikatakan Kepala Cabang PT Antam Kota Medan, Asep Aripin, Minggu (8/10), mulai 2 Oktober 2017 kemarin, setiap transaksi pembelian Logam Mulia (LM) di seluruh cabang PT Antam akan dikenakan PPh 22.

Pelanggan yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) akan dikenakan pajak sebesar 0,45 persen.

 “Sementara, bagi mereka yang tidak memiliki NPWP, maka akan dikenakan pajak sebesar 0,9 persen,” katanya saat disambangi di hari terakhir kegiatan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Bank Indonesia yang diadakan di Lapangan Merdeka, Kota Medan.

Asep Aripin mencontohkan, apabila masyarakat membeli 10 gram emas di toko emas dengan harga Rp 6,07 juta (Rp 607 ribu per gram), jika pembeli menunjukan NPWP kepada petugas, maka harga pembeliannya akan menjadi Rp 6.097.315 atau ada penambahan pajak sebesar Rp 27.315 (0,45 persen pajak).

Untuk yang tidak memiliki NPWP, maka harga pembeliannya akan menjadi Rp 6.124.630 atau ada penambahan pajak sebesar Rp 54.630 (0,9 persen).

Ia mengaku sebenarnya pembelian emas di PT Antam ataupun di toko emas sudah dikenakan pajak, namun tidak disertakan dalam faktur pembelian.

“Bedanya dengan keluarnya Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 34/PMK.010/2017 pihak PT Antam akan melakukan bukti potong PPh 22 yang ada di faktur pembelian,” ujarnya.

Nantinya, sambung Asep, penerbitan bukti potong PPh 22 akan diterbitkan 30 hari kerja setelah transaksi dilakukan.

Sumber : tribunnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: