Bea Cukai Se-ASEAN Gelar Customs Capacity Buliding Working Group

Bea Cukai Se-ASEAN Gelar Customs Capacity Buliding Working Group

Untuk mempercepat pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Tenggara, negara-negara ASEAN melakukan pertemuan terkait dengan penguatan standar mutu sumber daya manusia (SDM) dan modernisasi administrasi kepabeanan ASEAN. Pertemuan yang dijadwalkan dalam kalender kerja ASEAN 2017, yaitu Customs Capacity Building Working Group (CCBWG) ke-21 itu, diadakan pada 10-12 Oktober 2017, di Yogyakarta.

Sejak memasuki abad baru, ASEAN Customs telah membuat kemajuan penting dan hasil nyata dalam pelaksanaan rencana strategis pengembangan kepabeanan serta menunjukkan upaya terus-menerus dalam proses modernisasi dan kontribusi terhadap peningkatan daya saing ASEAN. “CCBWG sebagai kelompok kerja dengan tanggung jawab besar diharapkan mampu meningkatkan profesionalitas dan integritas kepabeanan, sehingga tidak terjadi timpang antarnegara di regional ASEAN dalam hal modernisasi,” kata Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Parjiya, di Yogyakarta.

Dalam pertemuan CCBWG ini, akan dibahas sejumlah agenda penting, yaitu reformasi serta modernisasi administrasi kepabeanan, pengembangan administrasi SDM, mengurangi kesenjangan kualitas SDM kepabeanan di ASEAN, dan Knowledge Based Service (pelayanan berbasis pengetahuan).

“Keikutsertaan Indonesia pada CCBWG ini bisa memperkuat posisi Indonesia dalam mata rantai pasokan regional melalui  investasi asing pada sektor-sektor produktif yang tersedia. Diharapkan peran Indonesia harus lebih strategis dalam mengawal perundingan yang dapat menjaga kepentingan nasional. Karena itu Direktorat Jenderal Bea dan Cukai harus berperan aktif dalam perundingan ini demi mengawal pengembangan standar mutu kepabeanan yang akan dijalankan nantinya dalam kerangka CCBWG ini,” kata Direktur Kapatuhan Internal Hendra Prasmono yang juga bertindak sebagai Chairperson CCBWG di Yogyakarta.

Dengan tujuan untuk memperkuat integritas pabean, Indonesia mempresentasikan Matrix tentang “Best Practice Guide for ASEAN Quality Standard”. Ke depan, Sekretariat ASEAN akan mengoperasikan halaman web berbasis pengetahuan, untuk berbagi pengalaman dan dokumen Human Resource Management (HRM) terkait dengan yang mendukung anggotanya untuk memodernisasi sistem IT dari masing-masing negara.

Sumber : tempo.co

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:pajak dunia

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: