Impor Barang Konsumsi Terkerek, Kemendag Lakukan Identifikasi

Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kementerian Perdagangan (Kemendag) Kasan Muhri telah menyatakan kenaikan impor barang konsumsi yang hampir menembus 12% pada Januari 2017 hingga Agustus 2017 patut menjadi perhatian.

“Ini mengingat di sisa kuartal empat kita harus antisipasi adanya kemungkinan sedikit naiknya kebutuhan di dalam negeri misalnya saat perayaan tahun baru,” jelasnya.

Menurutnya, yang harus menjadi perhatian adalah barang yang sudah bisa diproduksi di dalam negeri tetapi masih tetap dilakukan impor. Oleh karena itu, kebijakan yang diambil oleh pemerintah harus terlebih dahulu mengidentifikasi jenis dan asal barang impor.

“Menjadi fokus perhatian ke depannya untuk mempertahankan kinerja surplus neraca perdagangan tetap terjaga,” ujarnya.

Neraca perdagangan Indonesia tercatat surplus US$9,11 miliar pada Januari—Agustus 2017. Nilai ekspor tercatat US$108,79 miliar sedangkan impor US$99,68 miliar.

Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kenaikan nilai impor sejumlah komoditas pangan sepanjang Januari 2017 hingga Agustus 2017 secara year on year. Penambahan impor terjadi terutama produk  yang produksi di dalam negeri lebih kecil dibandingkan dengan permintaan.

Nilai impor daging jenis lembu misalnya, naik dari US$277,53 juta menjadi US$374,80 juta pada periode itu. Sementara, kenaikan juga terjadi pada bawang putih dari US$267,54 juta menjadi US$369,42 juta.

Impor gula tebu juga mengalami kenaikan dari US$1,08 miliar menjadi US$1,30 miliar. Selain itu, impor susu juga naik dari US$288,50 juta menjadi US$352,37.

Sumber : bisnis.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: