Terlalu Banyak Aturan, Jokowi Inginkan Deregulasi

Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa saat ini Indonesia memiliki banyak peraturan yang menghambat munculnya inovasi baru.

Melalui halaman Facebook resminya, Rabu (11/10/2017), Jokowimenyatakan akan terus memangkas peraturan atau deregulasi agar Indonesia cepat merespons perubahan.

Menjadi tugas saya untuk terus memangkas peraturan-peraturan itu agar semakin sedikit. Sehingga kita lincah dan fleksibel dalam melakukan inovasi,” kata Jokowi.

Jokowi menyebutkan, Indonesia terlalu banyak memiliki undang-undang, peraturan presiden, peraturan daerah, peraturan gubernur, dan lain-lain. Saat ini jumlahnya kurang lebih ada 42.000 aturan.

Repotnya, aturan itu menjerat diri sendiri, lebih berorientasi pada prosedur, bukan hasil. Hal ini dapat menghambat munculnya inovasi baru,” tutur Jokowi.

Saya maunya berlari cepat. Tapi ada yang bilang; ‘Pak, itu enggak boleh. Ada Perpres, ada UU.’ Terus, larinya kapan?” ujarnya.

Jokowi menyadari bahwa inovasi tidak selalu berhasil, kadang kala juga gagal. Namun, dengan banyaknya peraturan yang ada saat ini, dia mempertanyakan siapa yang mau berinovasi.

Inovasi membutuhkan eksperimen yang bakal memakan biaya. Jokowi menilai bahwa keleluasaan bereksperimen itu harus diberikan seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat.

Sumber : kompas.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Artikel

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: