Tak Hanya Ritel, Ini Sektor yang Akan Tergerus Online

Indonesia E-Commerce Association (idEA) mengungkapkan beberapa pelaku usaha konvensional akan tergerus oleh kehadiran e-commerce atau toko online. Ketua Bidang Ekonomi dan Bisnis idEA, Ignasius Untung, mengatakan yang pertama terkena adalah peritel yang menutup diri terhadap perkembangan teknologi.

“Pertama itu adalah orang-orang offline yaitu riteler yang tidak peduli dengan digital, itu akan terganti,” kata Untung dalam acara peringatan 71 Tahun Hari Oeang di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (26/10/2017).

Kedua, kata Untung, adalah para peritel besar. Sebab, hadirnya e-commerce secara tidak langsung memotong mata rantai. Contohnya, dari yang biasanya belanja ke pusat perbelanjaan, dengan toko online bisa membeli dari rumah atau tanpa perlu datang ke lokasi.

“Selanjutnya adalah tradisional media, brand-brand besar sudah mulai shifting dari advertising based menjadi trasaksi based, daripada saya beriklan, langsung saja masuk ke e-comerce langsung jualan,” tambah dia.

Selanjutnya, kata Untung adalah bank, dia tidak memungkiri bahwa berkembangnya teknologi juga telah menciptakan banyak platform atau aplikasi pembiayaan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Beberapa tahun lagi, konsumer banking terbesar gopay,” jelas dia.

Tidak hanya itu, untuk buruh yang tidak memiliki keterampilan atau ahli juga akan tergerus dengan adany e-commerce. Contohnya terkait dengan penerapan transaksi non tunai di gerbang tol.

Lalu, lanjut Untung, yang bisa tergantikan oleh digital ekonomi adalah para pelaku riteler di daerah dan self sourching corporation.

“Orang-orang riteler di daerah akan terganti karena orang daerah punya akses beli barang di pusat kota melalui online. kalau dia enggak mengerti digital, enggak kompetitif, dia tergerus,” tukas dia.

Sumber : detik.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: