Akankah Ada Kenaikan Tarif Listrik Tahun Depan?

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Andy Noorsaman Sommeng mengungkapkan pihaknya belum ada rencana menaikan tarif dasar listrik (TDL) tahun depan. Ia bahkan berharap TDL bisa mengalami penurunan.

“Enggak, kan belum ada keputusan. Mudah-mudahan kan turun,” jelas Andy di Gandaria City, Jakarta Selatan, Minggu (29/10/2017).

Penurunan TDL bisa saja terjadi jika pemerintah mengatur harga bahan bakar primer yang digunakan untuk pembangkit listrik. Sehingga, TDL bisa tetap stabil.

“Kan yang menyebabkan listrik naik kan bahan-bahan primer kaya minyak. Kalau itu kita atur kan bisa dong untuk kebutuhan listrik. Batu bara diatur, artinya semakin hari semakin efisien tau mana yang diatur mana enggak,” ujar Andy.

Ia menambahkan, pembangunan pembangkit listrik 35.000 megawatt (MW) saat ini juga tengah dikebut. Sehingga diharapkan permintaan (demand) bisa tercukupi dengan ketersediaan (supply) listrik yang ada.

“Karena listrik itu kaya ada dan tiada bisa dirasa dan tidak dirasa. Makanya kita kembangkan biar ada perubahan jadi menciptakan demand. Kalau demand cukup baik maka harga turun,” tutur Andy.

Andy mengatakan, konsumsi listrik di Indonesia per kapita per tahunnya sekitar 930 kilowatt. Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan Singapura yang mencapai 8.000 kilowatt per kapita per tahun.

“Singapura 8 kali lho dari pada konsumsi kita. Malaysia aja 4 kali,” tutup Andy.

Sumber : detik.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: