Dengan Peningkatan Kualitas Belanja, Pajak Tak Perlu Dikejar

Pengamat ekonomi dari Indef Bhima Yudhistiramengatakan, pemerintah memang sudah seharusnya lebih mengutamakan peningkatan kualitas belanja untuk mengejar target pertumbuhan ekonomi ketimbang menaikkan tarif atau menambah pajak baru.

“Belanja pemerintah mempunyai kontribusi sebesar 9,45% terhadap produk domestik bruto (PDB) pada tahun 2016. Dengan mengoptimalkan peran belanja pemerintah, maka pemerintah tidak perlu mengejar pajak. Tingkatkan kualitasnya misalnya dengan menggenjot penyerapan belanja modal,” kata dia kepada Investor Daily, akhir pekan lalu.

Bhima menjelaskan, untuk menjaga agar kontribusi belanja pemerintah tahun ini lebih baik dari tahun lalu, maka kualitas belanja khususnya belanja modal perlu didorong. Belanja modal dalam dua tahun terakhir serapannya cukup rendah, yakni hanya 80%. Padahal, belanja modal mempunyai dampak ekonomi yang luas terhadap sektor lainnya.

“Kalau serapan belanjanya efektif, ekonomi akan tumbuh dan secara otomatis penerimaan pajak, baik PPh maupun PPN, juga akan meningkat,” jelas Bhima.

Dia mengungkapkan, strategi yang bisa ditempuh pemerintah untuk mendorong penyerapan belanja modal adalah dengan meningkatkan realisasi proyek-proyek infastruktur.

“Realisasi proyek infrastruktur harus ditingkatkan. Kemudian, dana bansos juga harus didorong pencairannya baik program keluarga harapan (PKH) dan beras untuk rakyat sejahtera (rastra) jangan sampai terlambat,” kata dia.

Dia mengatakan, kendala utama percepatan penyerapan belanja pemerintah khususnya belanja modal adalah perencanaan dan teknis lapangan tidak sinergis, serta kendala birokrasi seperti kasus terlambatnya pencairan beras sejahtera di awal 2017.

“Proyek infrastruktur serapannya lambat karena masalah pembebasan lahan memakan waktu lama. Beberapa masalah lain misalnya kekhawatiran pejabat pembuat komitmen tersangkut kasus korupsi juga berpengaruh. Ini yang harus dicari solusinya,” ujar Bhima.

Sumber : beritasatu.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: