Menperin: Daya Saing Industri Tergantung Harga Gas hingga Pajak

Kementerian Perindustrian berharap harga gas hingga kegiatan ekspor dan impor bisa dipercepat bagi industri. Hal ini berkaitan dengan daya saingan industri dalam negeri.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pun sudah memetakan hal-hal apa saja yang perlu ditingkatkan dan difasilitasi dalam meningkatkan daya saing industri nasional.

Di mana saat ini demand domestik sedang turun. Tetapi masih ditutupi karena pasar ekspor sedikit membaik. Sehingga ada kombinasi kebutuhan domestik dan pasar ekspor.

“Tapi saya sampaikan beberapa industri butuh support dari banyak hal, salah satu yang terlihat itu perdagangan lintas batas, ketersedian bahan baku untuk kontuinitas produksi,” katanya di Kantor Kemenko bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Airlangga mengatakan, ada beberapa industri yang mengalami kesulitan bahan baku. Hal ini karena kurang lancarnya impor bahan baku.

“Nah ini kita minta akses ini kita dorong. Energi yang jadi bagian dari paket juga kita minta bisa diselesaikan tidak terlalu lama,” tuturnya.

Untuk menunjang daya saing industri, Airlangga mengatakan, pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan Kementerian Keuangan terkait penurunan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM).

“Fasilitas sedang dibicarakan dengan Kemenkeu demand bisa drive. Misalnya, PPnBM untuk industri otomotif, kalau turun itu kan bisa meningkatkan demand. Jadi hal-hal itu sedang dipetakan dan industri padat karya orientasi ekspor, karena ini kan potensinya besar,” ujarnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: