Penerimaan Pajak Tetap Meningkat tanpa Amnesti Pajak

Penerimaan Pajak Tetap Meningkat tanpa Amnesti Pajak

Direktorat Jenderal Pajak Kement\erian Keuangan mencatat, realisasi penerimaan pajak sepanjang Januari hingga Oktober 2017 baru mencapai Rp882,8 triliun atau 68,7 persen dari target dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2017 sebesar Rp1.283,57 triliun.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, penerimaan pajak tetap tumbuh dengan baik meski tak sesuai target di kuartal III-2017. Tanpa program amnesti pajak, angka penerimaan pajak. katanya, tercatat meningkat di sejumlah Kantor Pelayanan Pajak.

“Penerimaan pajak tanpa tax amnesty kalau dibersihkan sebetulnya pertumbuhannya baik. Itu mulai ditunjukkan di beberapa KPP mereka mendapatkan penerimaan yang meningkat,” kata Ani sapaannya di Aula Gedung A Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jalan Gatot Subroto, Jakarta 31 Oktober 2017.

Namun demikian secara umum pengaruh pengampunan pajak masih terasa. Terbukti dari realisasi penerimaan pajak pada Oktober 2017 tumbuh 25 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Selain itu, PPN dalam negeri juga tercatat tumbuh 15 persen pada Oktober dan PPN impor tumbuh 20 persen. Sehingga secara agregat, PPN masih tumbuh sekitar 16 persen year on year.

“Pengaruhnya masih terasa,” imbuh dia.

Ani menambahkan pihaknya tak menyiapkan strategi khusus untuk mencapai target perpajakan di akhir tahun. Direktorat Jenderal Pajak tetap melakukan pengumpulan pajak dan sharing data antar KKP.

“Enggak ada strategi khusus kita tetap melakukan dari sisi database, pengumpulan, inteligent yang bisa di share di antara semua KPP menyampaikan semua akan tetap berusaha keras tanpa menimbulkan keresahan di masyarakat,” tutupnya.

Sebelumnya Ani menyatakan target penerimaan perpajakan tahun depan cukup moderat. Penerimaan perpajakan 2018 dipatok Rp1.609,4 triliun atau tumbuh 9,3 persen dari target APBN 2017.

Dia menyatakan target moderat tersebut sejalan dengan perkiraan pertumbuhan ekonomi dan inflasi tahun depan, serta upaya ekstra yang akan ditempuh. Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4 persen dan inflasi 3,5 persen pada 2018.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: