Reformasi Pajak bakal Terus Digalakkan

Naiknya peringkat kemudahan berusaha (ease of doing business/EODB) Indonesia dari 91 menjadi 72 per 2018 versi Bank Dunia diiringi sejumlah catatan. Pemerintah masih perlu membenahi aspek pembayaran pajak dan perdagangan lintas batas, yang menurut laporan itu dinilai lemah.

Dalam menanggapi itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pihaknya akan terus melanjutkan sistem pembayaran perpajakan berbasis online melalui e-filling, termasuk mempermudah pengembalian bagi wajib pajak (WP) bila terjadi kelebihan bayar.

Reformasi perpajakan yang ramah terhadap dunia usaha, kata dia, menjadi salah satu faktor pendorong kemudahan berusaha sekaligus menstimulus pertumbuhan ekonomi.

“Masalah perpajakan ini bagaimana mempermudah mereka yang membayar pajak dan mempermudah entitas pengembalian kalau kelebihan bayar. Kami sudah memperkenalkan sistem e-filling dan e-payment. Tapi kami akan revaluasi kinerjanya (termasuk Direktorat Jenderal Pajak),” ujar Sri di Jakarta, kemarin.

Meski sistem perpajakan berbasis online mengalami perbaikan bertahap, Sri meng-akui langkah negara-negara lain ternyata lebih ekspansif. Karena itu, kata dia, pemerintah harus lebih gigih berbenah, khususnya menyangkut basis data perpajakan.

Terkait dengan perdangan lintas batas, Sri mengungkapkan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebenarnya telah melakukan gebrakan, seperti mengimplementasikan integrated risk management. Namun, kata dia, masalah ini (perdagangan lintas batas) kompleks karena melibatkan lintas kementerian atau lembaga (K/L).

“Maka kami akan koordinasi dengan K/L lain. Khususnya di pelabuhan. Kita terus memperbaiki dan fokus agar rakyat benar menikmati dampaknya,” tukasnya.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: