Banyak Gerai Retail Modern Tutup, Pengusaha Minta Insentif Pajak

Banyak Gerai Retail Modern Tutup, Pengusaha Minta Insentif Pajak

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) Roy N. Mandey berharap  pemerintah berpihak pada retail modern. Hal ini berkaitan dengan adanya perubahan perilaku konsumen yang lebih memilih ke situs belanja online ketimbang mendatangi toko.

Roy mengatakan saat ini Aprindo sedang menunggu beberapa aturan dari pemerintah terkait dengan hal tersebut. “Di saat pertumbuhan masih melambat, tentu perlu ada terobosan,” katanya, Rabu, 1 November 2017.

Pernyataan Roy menanggapi fenomena belakangan ini, di mana sejumlah perusahaan retail mengurangi cabang gerai, bahkan menutup bisnisnya. Penutupan teranyar dilakukan Lotus Department Store pada akhir bulan lalu.

Salah satu harapan pengusaha adalah pemerintah untuk periode tertentu atau waktu tertentu bisa menghapus pajak pertambahan nilai (PPN) untuk barang yang bukan subsidi. “Ini untuk konsumen, supaya PPN atas barang yang bukan subsidi bisa dihilangkan,” tutur Roy. Jenis barang yang diharapkan bisa dihapus PPN-nya di luar barang sensitif. “Di luar barang kebutuhan pokok.”

Selain itu, Roy berharap pengurusan pajak penghasilan (PPh) perusahaan untuk periode atau waktu tertentu dapat dipermudah. “Dua hal ini yang berkaitan dengan fiskal.”

Sedangkan hal yang sangat membebani peretail saat ini adalah biaya listrik. Roy berharap pemerintah memberikan subsidi sebesar 30 persen untuk biaya listrik dari jam 00.00-06.00, yang merupakan puncak tarif tertinggi. “Nah, karena peretail sekarang sedang melambat, perlu diberi insentif seperti itu. Pada jam-jam yang sedang puncaknya harga listrik itu terjadi,” ucapnya.

Roy menambahkan, sejumlah usul tersebut bertujuan agar konsumsi masyarakat terhadap produk retail meningkat. Biaya listrik yang mahal pada jam-jam tersebut menjadi beban biaya tinggi apabila gerai retail ada di dalam sebuah mal. Belum lagi masih ada tambahan biaya pengelolaan dan biaya lain. “Inilah beberapa hal yang kita harapkan, untuk keberpihakan pemerintah kepada retail modern,” katanya.

Sumber : tempo.co

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: