Menkeu Incar Cukai Rokok Buat Suntik BPJS Kesehatan

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pungutan cukai dan pajak rokok dapat menjasi sumber pendanaan untuk menutupi defisit Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Menurut Sri Mulyani hal tersebut logis karena banyak masyarakat yang sakit karena rokok.

Sri Mulyani mengatakan, pemerintah daerah banyak mendaftarkan penduduknya menjadi peserta BPJS kesehatan. Oleh karen aitu pemerintah daerah perlu juga untuk berkontribusi dalam mengatasi ‎defisit BPJS kesehatan.

“Daerah banyak sekali daftarkan penduduknya masuk ke dalam program BPJS, tapi di dalam konteks untuk kontribusi dalam iurannya sebetulnya masih cukup ada ruang‎,” kata Sri Mulyani, di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Jakarta, Senin (6/11/2017).

Sri Mulyani mengungkapkan, pemerintah derah bisa berperan dalam mengatasi defisit BPJS kesehatan, dengan menyuntikan sebagian dana hasil cukai dan pajak rokok.‎ Dia memperkirakan kontribusi dari sumber dana tersebut bisa mencapai Rp 5 triliun.

“Melalui dana bagi hasil cukai dan pajak rokok. kira-kira kontribusi mecapai di atas Rp 5 triliun,” tutur Sri Mulyani.

Menurut Sri Mulyani, dana bagi hasil cukai dan pajak rokok sangat logis digunakan menutupi ‎defisit BPJS kesehatan. Pasalnya, banyak masyarakat Indonesia yang sakit akibat rokok. Rencana tersebut akan dibahas Kementerian Dalam Negeri, sehingga alokasi dana untuk BPJS Kesehatan akan dicantumkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Dana bagi hasil cukai, banyak sakit disebabkan merokok sehingga menjadi salah satu solusi dianggap logis sesuai penerimaan negara berasal dari barang hasil tembakau. Hitungannya akan dilihat dan lakukan bersama Menteri Dalam Negeri, agar 2018 nanti APBD sudah ada pencantuman komitmen daerah dalam melakukan kontribusi pembayaran BPJS kesehatan,” tutup Sri Mulyani.

Sumber : liputan6.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: