Liquid Vape Tak Mengandung Tembakau Bebas Cukai 57%

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mulai 1 Juli 2018 mendatang akan mulai memberlakukan cukai 57% untuk rokok elektrik atau vape. Direktur Jenderal (Dirjen) Bea Cukai Heru Pambudi menegaskan, yang akan dikenakan cukai adalah cairan atau liquid vape yang mengandung tembakau.

“Kenapa kita mungut cukai karena dia adalah tembakau dan dia adalah instrumen cukai,” ungkapnya di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Selasa (07/11/2017).

Selain itu, Heru memastikan cukai 57% untuk liquid vape ini sudah final. Penetapan cukai rokok kali ini cepat dikarenakan aturan untuk tembakau sudah ada sehingga tak perlu waktu lama. Oleh karenanya ia menegaskan yang dikenakan cukai yang mengandung tembakau. “Tembakau sudah diatur UU cukai, sebenarnya dia bukan objek baru, objek lama. Jenisnya saja berbeda, enggak konvensional,” jelasnya.

Sementara itu, Heru menjelaskan bahwa pihaknya turut melibatkan asosiasi kesehatan dan juga Kementerian Kesehatan serta Kementerian Perdagangan untuk pembahasan cukai rokok tersebut. Dengan demikian semua cairan vape yang mengandung tembakau akan dikenakan cukai baik banyak atau sedikit.

Sumber : krjogja.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: