Terkuaknya Dokumen Surga Penghindar Pajak

Belum hilang dari ingatan masyarakat pada tahun lalu, atas bocornya dokumen Panama Papers yang menyangkut data orang kaya dunia yang menyimpan uang di bank offshore untuk menghindari pajak.

Kini, muncul lagi Paradise Paper, yang mencakup dokumen baru dengan jumlah data yang lebih besar dari Panaman Papers.

Data baru tersebut dipublikasikan oleh gabungan wartawan investigasi dunia, yaitu Internasional Consortium of Investigative Jurnalist (ICIJ) pada Senin 6 November 2017. Bocoran itu pun, kemudian dimuat pertama kali oleh surat kabar Jerman Suddeutsche Zeitung.

Dilansir dari BBC, Selasa 7 November 2017, dokumen kali ini didapatkan dari firma yang berbeda dari Panama Papers, di mana Paradise Paper diambil dari firma Appleby dan Asiaciti Trust yang memuat data digital mencapai 1,4 terabytes. Suaka pajak tersebut kebanyakan berada di kepulauan Karibia, termasuk Cayman Islands.

Dalam dokumen anyar tersebut memuat banyak politikus dunia, perusahaan multinasional dan para selebritas yang menyimpan uangnya di negara-negara suaka pajak, sehingga tidak mudah dicari jejaknya.

Nama Ratu Inggris Elizabeth II, termasuk yang disebutkan di dalamnya dengan investasi uang pribadinya, sekitar senilai US$3 miliar, atau setara dengan hampir Rp40 triliun. Selain itu, disebut pula nama Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, dan Menteri Perdagangan Amerika Serikat, Wilbur Ross.

Jumlah data yang bocor dari Paradise Paper ini mencapai 13,4 juta dokumen, atau lebih banyak dari bocoran yang terungkap oleh Panama Paper tahun lalu yang mencapai 11,5 juta dokumen. Meski dari dua data tersebut berisi oknum atau perusahaan yang sama, namun secara umum berisi penyimpanan uang atau aset yang dirahasiakan.

Selain itu, dari seluruh data orang-orang penting dunia tersebut, ada terselip sejumlah pesohor asal Indonesia, yang sebelumnya juga pernah masuk daftar di Panama Papers, yaitu Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno.  Kemudian, ada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan putra putri Mantan Presiden Soeharto.

Dalam laporan tersebut Prabowo Subianto disebut terkait dengan kepemilikan perusahaan Nusantara Energy Resources, yang merupakan bagian dari Nusantara Group. Sementara itu, Tommy Soeharto disebutkan memimpin Humpuss Group dan Direktur Utama Asia Market Invesments Ltd yang terdaftar di Bermuda pada 1997 dan tutup pada 2000.

Di daftar itu pula, nama Tommy Soeharto dikaitkan dengan Asia Market Investments dan V’Power Corp yang teregistrasi di Bahama, yang kemudian miliki saham di perusahaan produsen mobil sport Italia, Lamborghini. Lalu, untuk kakaknya Mamiek, tercatat sebagai Vice President Golden Spike Pasiriaman Ltd dan terdaftar di Bermuda.

Sumber : viva.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: