BPS catat daya beli masyarakat turun, ini tanggapan Menteri Sri Mulyani

Menteri Keuangan, Sri Mulyani, membantah adanya penurunan daya beli masyarakat. Menurutnya, Indonesia tengah mengalami anomali ekonomi karena tingkat inflasi tengah rendah namun daya beli turun.

“Konsumsi rumah tangga yang 4,93 persen kami lihat secara hati-hati. Di satu sisi inflasi sangat rendah. Ini ada satu anomali,” kata Menteri Sri Mulyani, di Gedung Bea Cukai Pusat, Jakarta Timur, Rabu (8/11).

Jika terbukti daya beli menurun di tingkat masyarakat kelas menengah ke bawah, Menteri Sri Mulyani mengatakan pemerintah akan mengambil sikap sesuai instruksi Presiden Joko Widodo. Di mana, pemerintah telah menyiapkan program padat karya yang rencananya dimulai tahun depan.

“Anggaran yang bisa menciptakan kas yang langsung bisa diterima masyarakat sehingga daya belinya naik apakah itu PKH ataupun melalui dana desa itu harus dilakukan dengan desain agar masyarakat bisa langsung menikmati sehingga daya belinya bisa meningkat,” ujarnya.

Akan tetapi, Menteri Sri Mulyani mengatakan jika penurunan daya beli terjadi di kalangan masyarakat atas maka diyakini ada perubahan pola konsumsi. Di mana, masyarakat lebih suka menyimpan dan menginvestasikan uangnya ketimbang membelanjakannya.

“Tabungan di atas Rp 5 M naik, jumlah DPK juga naik. Artinya masyarakat atas yang memiliki daya beli menyimpan uangnya di bank,” ujarnya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat daya beli masyarakat Indonesia melambat di triwulan III-2017. Ini tercermin dari tingkat konsumsi rumah tangga pada triwulan III-2017 turun ke posisi 4,93 persen dibandingkan triwulan I-2017 yang mencapai 4,95 persen.

“Yang pertama pergeseran pola konsumsi, jadi kalau diperhatikan, sejak triwulan III-2016 konsumsi non leisure sudah mulai ke bawah (menurun),” ujar Kepala BPS Suhariyanto.

Sumber : merdeka.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: