Kurangi Impor LPG, PLN Perkenalkan Kompor Listrik

Tabung Gas Melon Kosong Bikin Pusing Warga Brebes Selama Lebaran

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral‎ Iganasius Jonan menyatakan, PT PLN (Persero) akan memperkenalkan kompor listrik. Alat tersebut untuk mengurangi ko‎nsumsi Liquified Petroleum Gas (LPG) sebagai bahan bakar rumah tangga.

‎”Dalam waktu dekat ini PLN akan memperkenalkan produk kompor induksi, kompor listrik,‎”kata Jonan, di Jakarta, Rabu (8/11/2017).

Pengadaan kompor listrik ini merupakan upaya untuk mewujudkan kemandirian energi. Menurut Jonnan, sumber energi listrik yang dikonsumsi kompor tersebut berasal dari pembangkit yang bahan bakarnya berasal dari dalam negeri. Hal ini sesuai dengan Kebijakan Energi Nasional (KEN).

“Listrik di PLN ini dihasilkan dari batubara, dari gas dalam negeri, dari air, angin, dan sebagainya. Jadi ini mohon didukung,” tutur Jonan.

Inovasi kompor listrik tersebut dapat mengurangi impor gas, yang selama ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nasional. Saat ini konsumsi LPG Indonesia mencapai 6,5 sampai 6,7 juta ton per tahun. untuk memenuhi kebutuhan tersebut 4,5 juta ton berasal dari impor.

Upaya transformasi dari LPG menjadi kompor listrik ini juga bertujuan untuk menghemat biaya. Jonan menyebutkan penghematan tersebut cukup signifikan.

“Kita berusaha untuk ganti menjadi listrik. Kalau ganti menjadi listrik itu kira-kira biayanya hanya 60 persen dari kalau kita menggunakan tabung LPG 3kg. Nanti kita akan dorong,” ujarnya.

Kompor induksi adalah kompor listrik yang di tengahnya terdapat piringan pengantar panas. Berdasarkan penelusuran di situs jual beli online, harga kompor listrik, konsumsi listrik dan jenis kompor listrik ini cukup bervariasi, mulai dari sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 1 juta tergantung dari merk, aksesoris dan juga kapasitas.

Sumber : liputan6.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: