Siapkan Kebijakan Dorong Penguatan Konsumsi

Pemerintah mengaku sudah menyiapkan sejumlah kebijakan untuk mendorong daya beli dan konsumsi masyarakat. Sejumlah kebijakan itu terutama fokus pada peningkatan daya beli masyarakat kelas menengah seperti buruh pertanian dan konstruksi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, untuk merangsang daya beli masyarakat maka pemerintah membuat sejumlah kebijakan. Pertama, melalui PKH dan dana desa. Untuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH) akan ditambah menjadi 10 juta penerima. Pemerintah juga akan menggunakan dana desa untuk program padat karya sehingga bisa memberikan tambahan penghasilan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah. Hal ini menurutnya sesuai instruksi presiden agar masyarakat dapat menerima langsung anggaran yang bisa menciptakan cash sehingga daya beli masyarakat naik. “Apakah PKH atau pun dana desa harus dengan desain agar masyarakat bisa langsung menikmati,” kata Sri, Rabu (8/11).

Kedua, pemerintah akan menjaga inflasi serendah mungkin. Sebab menurut Sri Mulyani inflasi menjadi faktor penggerus daya beli masyarakat. Ketiga, menggunakan APBN dan APBD semaksimal mungkin. Hal ini terkait dengan masyarakat kelas menengah ke bawah. Keempat, menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat kelas menengah atas. Sri optimis tingginya investasi dan impor bahan baku di kuartal III-2017 mampu menciptakan kesempatan kerja. “Momentumnya kami jaga,” tambahnya.

Upaya meningkatkan daya beli memang menjadi pekerjaan rumah jangka pendek pemerintah. Badan Pusat Statistik(BPS) mencatat, pertumbuhan konsumsi rumah tangga kuartal III-2017 melemah menjadi 4,93% yoy. Pertumbuhan itu menjadi konsumsi rumah tangga terendah sejak kuartal III-2011, di tengah tren inflasi rendah. Melemahnya pertumbuhan konsumsi rumah tangga membuat pertumbuhan ekonomi kuartal III-2017 hanya mampu mencapai 5,06% YoY.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Artikel

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: