Darmin proyeksi ekonomi 2017 tumbuh 5,1%

Darmin proyeksi ekonomi 2017 tumbuh 5,1%

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengakui target pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini sebesar 5,2%, cukup tinggi. Darmin memproyeksi, pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun ini hanya 5,1%.

Senin (6/11) lalu, BPS mengumumkan ekonomi Indonesia kuartal ketiga 2017 tumbuh 5,06%. Sehingga, pertumbuhan ekonomi Januari-September hanya 5,03%.

“Mungkin ya, berkisar 5,1%. Paling segitu lah,” kata Darmin di kantornya, Kamis (9/11).

Darmin akhirnya mengakui, daya beli masyarakat Indonesia melambat. Hal itu, lanjut dia, disebabkan banyak hal. Salah satunya, perumbuhan kredit yang belum tumbuh tinggi.

Di sisi lain, pengusaha ritel juga menutup tokonya dalam rangka pengambilan keputusan secara cepat untuk mengantisipasi berkembangnya digital ekonomi di Indonesia. “Mereka itu tahu digital akan berkembang. Baru turun dikit, dia ganti bisnisnya,” papar Darmin.

Meski demkian, Darmin mengaku tak merisaukan melambatnya pertumbuhan konsumsi rumah tangga tersebut. Sebab menurutnya, perubahannya tidak terlalu besar dan masih berada di kisaran 4,9% year on year (YoY).

Berdasarkan data BPS, konsumsi rumah tangga kuartal ketiga 2017 tumbuh 4,93%, melambat dibanding kuartal pertama yang sebesar 4,94% dan pada kuartal kedua tahun ini sebesar 4,95%. Pertumbuhan konsumsi rumah tangga kuartal ketiga tahuh ini bahkan menjadi pertumbuhan terendah sejak kuartal ketiga 2011.

Darmin juga melihat, pertumbuhan investasi dan ekspor juga menunjukkan kinerja yang baik. “Investasi pertumbuhannya lumayan oke, saya sih jangan terlalu risau lah, memang ada pelemahan tapi ada juga perbaikan di sisi lain juga,” ujarnya.

Sumber : kontan.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: