Impor Kerbau dari India Gagal Turunkan Harga Jual Daging Sapi

Impor Kerbau dari India Gagal Turunkan Harga Jual Daging Sapi

Upaya pemerintah menekan harga daging sapi di pasaran menjadi Rp 80.000 per kilogram  dengan melakukan impor daging kerbau dari India sepertinya tidak membuahkan berhasil.

Sebab, memasuki bulan November 2017, harga daging sapi segar di pasaran justru naik di kisaran Rp 117.000–Rp 130.000 per kilogram (kg).

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Tradisional Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri mengatakan, walau harga daging kerbau impor murah, namun efeknya belum bisa membuat harga daging sapi segar dalam setahun terakhir turun.

“Masuknya daging kerbau beku sama sekali tidak berpengaruh pada penurunan harga, khususnya di Pulau Jawa. Masyarakat masih kurang meminati daging kerbau. Permintaan daging sapi tertinggi juga masih di Jawa,” kata Abdullah kepada KONTAN, Rabu (8/11/2017).

Padahal menurut Abdullah, seharusnya pada awal November harga sapi bisa turun menjadi paling tinggi senilai Rp 100.000 per kg. Sementara Harga Eceran Tertinggi (HET) daging kerbau beku adalah Rp 80.000 per kg.

Berdasarkan penelusuran Ikappi, hal itu terjadi karena saat ini masih sedikit daging kerbau beku yang memasuki pasar tradisional. Daging kerbau beku lebih banyak dipasok ke industri makanan.

Dia juga meragukan berita tentang kecurangan pedagang yang mengoplos daging kerbau dengan daging sapi dan menjualnya dengan harga tinggi.

“Ada persaingan usaha. Jadi pedagang akan berikan kualitas terbaik. Kalau oplos, dia akan ditinggalkan pelanggan,” terangnya.

Namun Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kemtan) I Ketut Diarmita membantah kalau harga daging sapi masih tinggi.

Ia mengatakan, kebijakan pemerintah yang mengimpor daging kerbau dan memasarkannya dengan harga Rp 80.000 per kg berhasil menstabilkan harga.

Untuk itu, ia memastikan tidak akan mengeluarkan rekomendasi impor daging kerbau untuk tahun 2018. “Kecuali ada perintah dari hasil rapat koordinasi terbatas antara tiga kementerian terkait,” ujar Ketut.

Berdasarkan pantauan harga yang dirilis Informasi Pangan Jakarta, rata-rata harga daging sapi di pasaran saat ini di kisaran Rp 122.820–Rp 116.500 per kg. Bahkan di Pasar Jatinegara mencapai Rp 130.000 per kg.

Sumber : tribunnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: