Sumsel Sulit Penuhi Target Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan Provinsi Bangka Belitung mengatakan sulit bagi Sumsel untuk tahun ini memenuhi target penerimaan pajak yang sudah ditetapkan karena per awal November baru tercapai 60 persen.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumsel dan Babel M Ismiransyah M Zain mengatakan capaian meleset dari proyeksi sehingga dipastikan target Rp15,9 triliun hingga akhir tahun sulit dapat terwujud.”Kami akan berupaya memaksimalkan sisa waktu dua bulan ini, terutama ke sektor-sektor yang masih berpotensi seperti sektor perdagangan,” kata dia di Palembang, Rabu (8/11).

Menurut dia, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan penerimaan pajak masih jauh dari target, salah satunya kondisi perekonomian dalam negeri yang melemah. Gencarnya pembangunan infrastruktur di Sumsel, dipandang kurang berdampak signifikan terhadap penerimaan pajak di daerah karena serapan menjadi milik Jakarta sebagai pusat kantor Hutama Karya dan Wijaya Karya.

Secara nasional juga meleset karena Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan memastikan setoran hingga Oktober 2017 telah mencapai 66,85 persen atau Rp858,047 triliun dari target APBN-P yang sebesar Rp1.283,6 triliun.

Jika dihitung, penerimaan pajak masih kurang 33,15 persen atau setara dengan Rp425,56 triliun dari target APBN-P tahun anggaran 2017 yang sebesar Rp1.283,6 triliun. Dari total penerimaan yang mencapai Rp858,047 triliun, dari PPh non migas mencapai Rp815,84 triliun, sedangkan dari PPh migasnya mencapai Rp42,20 triliun.

“Dampak lemahnya daya beli masyarakat tentunya mempengaruhi sektor riil, dan ujung-ujungnya berdampak pada penerimaan negara,” ujar dia.

Sumber : neraca.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: