Realisasi Pajak Belum Sampai 70%, Pembangunan Infrastruktur Tak Boleh Andalkan APBN

https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 09 320 1811374 realisasi-pajak-belum-sampai-70-pembangunan-infrastruktur-tak-boleh-andalkan-apbn-t0DNHMCLoC.jpg

Pengamat Ekonomi Universitas Indonesia Faisal Basri memprediksi target penerimaan pajak pada tahun ini akan sulit tercapai. Pasalnya, hingga bulan November saja penerimaan pajak Indonesia baru mencapai Rp869 triliun.

Artinya penerimaan pajak Indonesia baru menyentuh angka 67,7% dari target triliun yang ditargetkan pemerintah. Sehingga akan sulit untuk mengejar target pajak dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017 yang sebesar Rp1.283 triliun di sisa 1 bulan ini.

“Sampai 6 November 2017 penerimaan pajak kita masih belum mencapai 70%. Pajak kita baru Rp869 triliunan atau 67,7% dari target RAPBN,” ujarnya saat ditemui di Ambhara Hotel, Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Menurut dia, jika hal ini terjadi maka yang akan menjadi korbannya adalah para pengusaha dan juga perusahaan swasta. Karena ketika target tidak terpenuhi, maka perusahaan swasta akan dipaksa untuk membayar pajak lebih cepat dari waktunya. “Pasti akan didatangi dan bilang bayar pajak buat tahun depannya sekarang saja ya,” jelasnya.

Oleh karena itu, Faisal Basri meminta pemerintah sadar dan tidak terlalu menggenjot pembangunan infrastruktur secara bersamaan. Karena, untuk pembangunan infrastruktur secara bersamaan akan mengeluarkan dana yang cukup besar. “Penerimaan pajak turun terus, tapi pengeluaran untuk infrastruktur naik terus ini kan piye,” jelasnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: