Dugaan Korupsi Reklamasi, Polisi Gali Mekanisme Penghitungan

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya masih menggali bagaimana mekanisme penghitungan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) terkait kasus dugaan korupsi proyek reklamasi Teluk Jakarta.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Adi Deriyan mengatakan, penyidik telah memeriksa Badan Pajak dan Retrebusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta untuk mengetahui bagaimana mekanisme penghitungan NJOP. “BPRD kami periksa untuk mengetahui sejauh mana terkait mekanisme proses penghitungannya. Selain itu, kita akan melihat seperti apa penunjukan pihak KJPP (Kantor Jasa Penilai Publik) dalam melakukan proses penghitungannya. Sementara itu dulu yang ingin kita dapatkan,” ujar Adi, Jumat (10/11).

Dikatakan dia, pemeriksaan kepada pihak BPRD masih seputar ruang lingkup dan tanggung jawab. “Masih secara umum. Konteksnya masih pada ruang lingkup dan tanggung jawabnya, kemudian penunjukannya dan dasar yang digunakan. Dasar-dasar atau aturan-aturan yang digunakan terkait dengan proses penentuan itu,” ungkap Adi.

Adi menyampaikan, BPRD menentukan NJOP lahan atau tanah dalam proyek reklamasi berdasarkan Peranturan Kementerian Keuangan. “Ya berdasarkan Permenkeu,” katanya.

Sebelumnya diketahui, penyidik sudah memeriksa tiga orang saksi yakni Kepala Bidang Peraturan BPRD Jakarta, Joko; Kepala Bidang Perencanaan BPRD Jakarta, Yuandi dan staf BPRD Penjaringan, Andri, Rabu (8/11). Pemeriksaan dilakukan mulai pukul 11.00 WIB sampai 20.00 WIB. Namun, penyidik berencana memeriksa ketiganya kembali pada pekan depan karena pemeriksaan masih kurang.

Penyidik juga sudah menjadwalkan pemeriksaan terhadap Kepala BPRD Jakarta Edi Sumantri dan Kepala KJPP Dwi Haryantono, untuk dimintai keterangannya sebagai saksi, Kamis (9/11). Tapi, keduanya tidak dapat memenuhi panggilan penyidik dan meminta pemeriksaan dijadwalkan ulang, pekan depan.

Sumber : beritasatu.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: