Indef: Meskipun Tiap Tahun Upah Buruh Naik, Secara Riil Belum Meningkat

https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 10 320 1812118 indef-meskipun-tiap-tahun-upah-buruh-naik-secara-riil-belum-meningkat-zHVOhY8qe4.jpg

Institute for Development of Economics and Finance (Indef) mengatakan salah satu kunci menghadapi persoalan daya beli masyarakat ada pada stabilitas harga kebutuhan pokok.

Peneliti Indef Ahmad Heri Firdaus menilai pemerintah perlu menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok. Fluktuasi harga bahan pokok kerap dipengaruhi oleh hambatan pada distribusinya. Oleh karena itu pemerintah perlu memperbaiki seluruh aspek pada distribusi guna menahan gejolak harga.

“Karena biar bagaimana pun, walau upah buruh itu setiap tahun meningkat secara nominal, tapi secara riil belum tentu meningkat. Karena mereka berhadapan dengan naiknya harga barang-barang kebutuhan pokok. Jadi kalau gaji naik, harga barang-barang lebih naik, ya enggak ada gunanya,” kata dia dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (10/11/2017).

Harga komoditas juga menjadi soal yang berpengaruh terhadap melambatnya konsumsi masyarakat. Tak sedikit masyarakat Indonesia yang pendapatannya berasal dari sektor komoditas. Ketika harga komoditas anjlok maka daya beli mereka ikut terpengaruh.

Kenaikan tarif dasar listirk (TDL) pun turut berdampak pada melambatnya konsumsi masyarakat. Sebab dengan naiknya TDL membuat masyarakat menahan diri untuk membelanjakan uangnya.

“Tekanan biaya domestik, meningkatnya harga-harga kelompok barang yang bisa diatur oleh pemerintah, mulai dari tarif dasar listrik itu cukup memengaruhi, terutama untuk masyarakat yang golongan 40% ke bawah, dimana mayoritas adalah bukan di kota-kota besar. Itu yang menyebabkan kenapa daya beli kita melambat,” lanjut Heri.

Maka pemerintah diimbau untuk mampu menjaga atau tidak menaikan harga kelompok barang-barang yang dapat diatur pemerintah, misalnya listrik, bahan bakar minyak (BBM), dan gas. “Karena kalau salah satu naik, maka akan menimbulkan kenaikan harga-harga yang lain. Jadi intinya itu yang perlu dilakukan,” tambahnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: