Perusahaan Wajib Lapor Tenaga Kerja Secara Online

JAKARTA. Kementerian Ketenagakerjaan menerbitkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No. 18/2017 tentang Tata Cara Wajib Lapor Ketenagakerjaan di Perusahaan Dalam Jaringan. Dalam aturan tersebut, perusahaan wajib melaporkan seluruh informasi yang berkaitan ketenagakerjaan dengan menggunakan sistem daring (online). Kemnaker sudah menyediakan fasilitas pelaporan tersebut.

Pengusaha wajib melaporkan informasi ketenagakerjaan secara daring paling tidak 30 hari setelah atau sebelum mendirikan, menjalankan kembali, memindahkan perusahaan, atau sebelum memindahkan, serta membubarkan perusahaan. Aturan sebelumnya, pengusaha wajib melaporkan manualo.

Sekretaris Jenderal Kemnaker Hery Sudarmanto mengatakan, sistem pelaporan yang baru ini akan mempermudah pengusaha untuk melaporkan kegiatan usaha dan informasi ketenagakerjaannya. Sedangkan pengawasan untuk kegiatan usaha, menurutnya tetap akan dilakukan seperti yang sudah berlaku selama ini.

Dia menjelaskan bahwa proses pengawan akan dilakukan secara periodik dalam tiga bulan sekali. Namun, ada pula pengawasan yang mendesak. “Jika perusahaan sudah terdaftar secara online, Dinas Ketenagakerjaan Kota/Kabupaten akan mengecek di lapangan,” kata Hery kepada KONTAN, Minggu (12/11).

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: