BPKB “Online” Diberlakukan, Sandiaga Yakin Pendapatan DKI Meningkat

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Mapolda Metro Jaya, Senin (13/11/2017).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yakin pendapatan asli daerah (PAD) DKI Jakarta akan meningkat dengan adanya sistem digitalisasi penerbitan buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB) atau BPKB online.

Sebab, data pemilik kendaraan bermotor akan terintegrasi dengan sistem kependudukan yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta.

“Kita yakin dengan digitalisasi, dengan kemampuan kita meng-absorb teknologi, tingkat pendataannya akan lebih baik, dan yang terpenting adalah tingkat kepatuhan,” ujar Sandi di Mapolda Metro Jaya, Senin (13/11/2017).

Sandi menjelaskan, salah satu kendala pendapatan pajak dari kendaraan bermotor selama ini yakni kepatuhan wajib pajak untuk membayar pajaknya.

Dengan digitalisasi BPKB, semua pemilik kendaraan bermotor di Ibu Kota akan terdata. Data itu bisa digunakan untuk menagih pajak kendaraan bermotor kepada wajib pajak yang tidak patuh membayar pajak.

“Dengan digitalisasi enggak bisa lari lagi karena datanya sudah dikunci Dukcapil. Jadi, bukan NIK-nya aja, tapi digabungkan dengan kartu keluarga. Jadi, ini alamatnya kan by address, bisa ketahuan satu rumah itu berapa mobil,” kata Sandi.

Pada hari ini, layanan pengurusan BPKB online di wilayah hukum Polda Metro Jaya resmi diberlakukan. Polisi menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta, Agen Pemegang Merek (APM), serta lembaga pembiayaan. BPKB online berlaku baik untuk pengajuan baru maupun pergantian kepemilikan.

Sumber : kompas.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: