Belum Ada Kejelasan Perda Pajak Selesai

Pemerintah dan DPRD Kota Palangka Raya tampaknya masih harus menunggu lagi. Pasalnya, sampai saat ini masih belum ada kejelasan kapan Perda Pajak dan Retribusi yang sedang dievaluasi Kemendagri, akan selesai.

Padahal, perda tersebut mengatur sedikitnya 11 macam pungutan pajak dan 23 retribusi yang diharapkan akan dapat menjadi sumber pendapatan daerah.

Perda itu pun setelah selesai dievaluasi Pemerintah Provinsi Kalteng, pada April 2017 lalu telah diserahkan ke Kemendagri. Bahkan beberapa waktu lalu sejumlah anggota DPRD Kota bersama perwakilan 11 SOPD pemko, mendatangi Kemendagri untuk menanyakan hasil evaluasi itu.

“Kita masih menunggu,” kata Anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Riduanto, kemarin.

Menurut Riduanto, saat pertemuan dengan Kemendagri, pihaknya telah menyampaikan permintaan agar perda tersebut bisa segera diterapkan. Selain itu, pihaknya juga menyampaikan berbagai permasalahan yang dihadapi terkait pajak dan retribusi.

“Semua permasalahan yang ada, kami ungkapkan semua di Kemendagri,” kata Riduanto, tanpa merinci apa saja permasalahan yang dimaksud.

Dijelaskan Riduanto, pada penyusunan dan pembahasan peraturan daerah pajak dan retribusi tersebut, DPRD Kota sudah semaksimal mungkin dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai lembaga legislasi.

Dia juga menegaskan, dibuatnya perda pajak dan retribusi ini bukan bermaksud untuk menghambat investasi di wilayah Kota Palangka Raya.

“Perda pajak dan retribusi tersebut tidak menghambat investasi dan rohnya memang tetap pada Undang-Undang 28 tahun 2009. Kita sesuaikan dengan pihak kementerian dan sah-sah saja asal disesuaikan dengan kondisi daerah,” ucapnya.

Di perda itu di antaranya mengatur tentang retribusi barak di atas 10 pintu yang akan dikenakan biaya lima persen. “Dari 2000 pintu barak yang ada di Kota Palangka Raya hanya 1000 pintu yang bayar pajak tersebut,” pungkas dia.

Sumber : prokal.co

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: