Istana Sebut Seleksi Akhir Bos Baru Dirjen Pajak Belum Kelar

Juru Bicara Presiden Johan Budi membantah Presiden Joko Widodo telah menunjuk langsung Robert Pakpahan menjadi Direktur Jenderal Pajak menggantikan Ken Dwijugiasteadi yang akan pensiun Desember 2017.  Ia pun menyebut, salah satu proses seleksi oleh Tim Penilaian Akhir (TPA) belum dilakukan.

“Tidak benar, sampai saat ini belum ada penunjukan Dirjen Pajak yang baru,” kata Johan kepada CNNIndonesia.com, Kamis (23/11).

TPA merupakan tim yang dibentuk Presiden guna menyeleksi calon pejabat eseleon I Kementerian dan Lembaga, maupun Direktur Utama BUMN-BUMN tertentu.
Rapat TPA biasanya dilakukan di Istana, dipimpin langsung Presiden Joko Widodo serta dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan kementerian atau lembaga terkait.

Menteri Keuangan Sri Mulyani enggan berkomenter terkait kabar penunjukkan Robert Pakpahan sebagai Direktur Jenderal Pajak yang baru, menggantikan Ken Dwijugiasteadi akan memasuki masa pensiun pada Desember 2017. Kendati demikian, Ia mengaku berharap posisi tersebut segera diisi tanpa harus menunjuk pelaksana tugas (PLT) guna mengisi sementara kekosongan posisi yang ditinggalkan Ken.

“Nanti dari presiden disampaikan kepada menteri keuangan apabila sudah ada penetapan dari Presiden,” ujar Sri Mulyani setelah menghadiri rapat Komisi XI di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Kamis (23/11).

Mekanisme penunjukannya sendiri menurut Sri Mulyani, tetap sama seperti penunjukan dirjen sebelumnya, yang antara lain melalui Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin presiden.

“(Mekanismenya) tetap bisa disampaikan kepada presidenm kemudian mekanisme Tim Penilaian Akhir dilakukan oleh presiden, dipimpin oleh presiden dan baru ditetapkan,” Jelasnya.

Di tengah transisi pergantian kepemimpinan tersebut, Sri Mulyani pun menegaskan akan terus menjaga Direktorat Jenderal Pajak agar tetap fokus dalam menjalankan tugasnya mengejar penerimaan negara menjelang akhir tahun.

“Ini masa yang sangat kritis pada akhir tahun, namun juga sistem juga tetap dijaga kita terus berkoordinasi,” terangnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo dikabarkan kemungkinan besar menunjuk Robertt Pakpahan sebagai Direktur Jendral Pajak. saat ini Robert menjabat Dirjen pengelolaan Pembiayaan dan Risiko di Kementrian Keuangan.

Seorang sumber di lingkungan sekretariat wakil presiden (Setwapres) memastikan jabatan Dirjen Pajak akan diputuskan melalui penunjukan langsung oleh presiden Jokowi. Saat ini, nama calon petinggi kolektor pajak itu diajukan ke TPA.

Sumber : cnnindonesia.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: