CORE: Optimalkan Kebijakan Fiskal dan Pajak Dorong Produksi

Ekonom dari Center of Reform on Economic (CORE), Hendri Saparini, berpendapat kebijakan fiskal dan pajak harus dioptimalkan untuk mendorong produksi agar mampu mendukung terciptanya pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.

“Sekarang ini kebijakan pajak dan fiskal harus dioptimalkan, tidak hanya untuk menjaga konsumsi namun juga untuk mendorong produksi,” kata Hendri ditemui usai seminar “Innovative Policies for an Accelerated Economic Growth” di Jakarta, Selasa.

Ia juga mengatakan bahwa para pembuat kebijakan selama ini melupakan fungsi besar fiskal untuk menjaga daya beli dan mendorong daya saing.

“Pernahkah kita menggunakan kebijakan fiskal untuk menggerakkan sektor yang tumbuh lambat atau melambatkan sektor yang terlalu tumbuh cepat? Kita tidak melakukan itu karena fiskal kita terus berorientasi kepada pendapatan,” ucap Hendri.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa pemerintah perlu mulai mengoptimalkan kebijakan pajak untuk kepentingan lain selain pemenuhan penerimaan negara.

Hendri menilai instrumen pajak belum dimainkan untuk mendorong agenda strategis pemerintah untuk hal lain, misalnya penetapan pajak pada sektor pendidikan.

“Pajak didorong dengan pro pada sisi produksi. Bagi CORE hal tersebut penting dan merupakan salah satu inovasi kebijakan dan strategi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi berkulaitas,” kata dia .

Sumber : beritasatu.com

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: