Dirjen Pajak Baru Siap Amankan Target

Dirjen Pajak yang baru Robert Pakpahan menyatakan siap mengamankan penerimaan pajak sebaik mungkin, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, agar bisa menopang APBN dan defisit tidak membengkak.

Sementara itu, realisasi penerimaan pajak Januari hingga 30 November 2017 mencapai 78% atau sekitar Rp 1.001,2 triliun, sehingga masih kurang Rp 282,3 triliun dari target hingga akhir tahun ini sekitar Rp 1.283,6 triliun.

Sejumlah kalangan memperkirakan, penerimaan pajak kemungkinan besar mengalami shortfall (kekurangan dari target) sekitar Rp 110 triliun. Di sisi lain, meski ada kemungkinan shor tfall penerimaan pajak, pemerintah optimistis Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2017 masih tetap aman, dengan tingkat defisit pada akhir tahun sebesar 2,67% terhadap produk domestik bruto (PDB), atau tidak melebihi ketentuan undang-undang (maksimal 3%).

“Itulah sebabnya, untuk rencana dalam jangka pendek di sisa tahun 2017, kami akan mengamankan penerimaan pajak sebaik mungkin, sehingga defisit bisa dipertahankan (tidak membengkak). Terkait strategi ke depan, secara umum, kami akan membangun sistem perpajakan yang lebih kredibel, supaya kepatuhan kepada pajak tidak sulit pengawasannya dan lebih transparan,” ujar Robert Pakpahan di Jakarta, Kamis (30/11), usai dilantik sebagai dirjen pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) periode 2017-2019 oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

Robert menggantikan Ken Dwijugiasteadi yang memasuki masa pensiun per 1 Desember 2017. Pelantikan Robert Pakpahan ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden Joko Widodo tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Tingkat Madya di Lingkungan Kemenkeu. Robert sebelumnya menjabat direktur jenderal pengelolaan pembiayaan dan risiko Kemenkeu.

Sumber : beritasatu.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: