Ada GPN, Kemkeu bisa lebih hemat

Ada GPN, Kemkeu bisa lebih hemat

Bank Indonesia (BI) meluncurkan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang akan memungkinkan sistem pembayaran yang saling interkoneksi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bilang, untuk pemerintah, adanya GPN bisa lebih menghemat biaya transfer ke bendahara pada satuan kerja pengelola Anggaran di seluruh Indonesia.

“Dengan sistem ini saya harap para lembaga keuangan tidak perlu nge-charge saya karena ini untuk kita semua uangnya. Untuk rakyat. Tidak ada alasan perlu transaction fee,” kata Sri Mulyani di Gedung BI, Senin (4/12).

Dengan tidak adanya biaya transaksi, Sri Mulyani bilang, kegiatan transfer akan lebih efisien dan efektif. “Transasksi dari bendahara umum negara baik BUN, kementerian, 23 ribu satuan kerja akan lebih efisien dengan GPN,” ucapnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution juga menyatakan bahwa dengan GPN, pemerintah ke depannya akan lebih lancar menerapkan sistem non tunai. Tak hanya dalam hal pembayaran maupun penerimaan bantuan tetapi subsidi juga akan diberikan dengan sistem non tunai.

Ia mengatakan, sistem pembiayaan non tunai ini memiliki banyak manfaat positif dan bisa mendukung efektivitas program pemerintah. Sebab, melalui sistem online dan non tunai pelaksanaan setiap kebijakan akan lebih transparan dan terkontrol.

“Ke depan, bukan hanya bantuan non tunai untuk masyarakat miskin, tapi arah ke depan semua subsidi untuk orang miskin, bukan orang miskin saja, misalkan subsidi pupuk, macam-macam, arahnya adalah non tunai,” katanya.

Sumber : kontan.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: