Investasi Asing Masih Terkendala Pajak dan Lahan

https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 06 20 1826330 investasi-asing-masih-terkendala-pajak-dan-lahan-nO0HInXyLr.jpg

Pemahaman investor asing tentang pajak masih menjadi tantangan bagi Indonesia dalam mendorong masuknya modal yang dikucurkan investor luar negeri.

Head of Commercial Banking SCB Indonesia Irvan Noor yang memandang hal tersebut menilai kalau investor asing masih butuh pemahaman soal sistem perpajakan di Indonesia. Sebab, ketidakpahaman mereka membuat minat dalam berinvestasi di Indonesia terhambat.

“Saya pikir lebih ke understanding aja. Jadi mungkin ke perhitungan pajak, agak teknikal. Saya pikir mungkin terutama buat yang baru-baru, baru 1-2 tahun itu kan understanding tentang perpajakan di Indonesia mereka belum clear ya kenapa ini berbeda dari negara saya,” kata dia ketika ditemui di Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Selain pajak, ada hal lain juga yang menjadi tantangan terutama soal keyakinan investor asing untuk menyalurkan dananya ke Indonesia.

“Jadi gini, kalau kita mau investasi di suatu negara itu banyak hal. Ujungnya mereka ingin investasi kembali dengan aman dan cepat dan kemudian kalo mereka udah datang dan berinvestasi mereka maunya investasi subsuistanble,” jelasnya.

Dia mencontohkan, misalnya investor asing mendirikan pabrik di Indonesia, maka mereka ingin pabriknya dapat beroperasi dengan lancar. “Tenaga kerjanya gampang, harganya rasionable, lahan, dan marketnya ada. Jadi beberapa memang masih menjadi kendala,” ujarnya.

“Kedua saya lihat masalah lahan. Lahan dari pendukungnya, kaya energi, pasokan listrik, pasokan LPG. Jadi kalau orang running pabrik ada mesin, jadi harus di support,” lanjutnya.

Namun pemerintah sudah melakukan sejumlah inisiatif yang menurutnya dapat mendorong investasi asing di Indonesia sehingga seharusnya investor sudah lebih berminat terhadap Indonesia. “Kalo dulu (pelayanan perizinan) enggak satu pintu, terus kalau ke BKPM hanya izin usaha aja. Tapi sekarang sama mereka jadi satu pintu,” tambahnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: