Pemerintah Cari Sumber Dana Buat Tambal Defisit BPJS Kesehatan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan pemerintah akan mencari sumber pendanaan lain untuk menutupi defisit Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan atau BPJS Kesehatan. Sebelumnya, pemerintah akan memanfaatkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) untuk membantu menutupi defisit tersebut.

Sri Mulyani mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Kesehatan untuk mencari solusi dari masalah defisit ini.

“Kita nanti akan review saja, dan sudah dilakukan evaluasi bersama Menko, Menkes, kita lihat sumber-sumbernya dari sisi defisit itu. Kemudian kita lihat sumber-sumber yang bisa dipakai untuk menutupi defisit tersebut,” ujar dia di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/12/2017).

Menurut dia, pemerintah telah sepakat untuk memanfaatkan DBH CHT guna membantu menambal defisit BPJS Kesehatan yang diperkirakan mencapai Rp 9 triliun. Namun, hal tersebut dinilai tak cukup dan harus mencari sumber dana lain.

‎”Dana bagi hasil cukai tembakau iya (akan digunakan). Kita gunakan sebagian untuk setiap daerah yang memiliki kepesertaan mereka seharusnya juga ikut iuran. Dan itu bisa dilakukan melalui DBH cukai maupun pajak rokok sendiri,” kata dia.

Sementara terkait dengan potensi untuk menaikkan iuran peserta BPJS Kesehatan guna menambal defisit ini, Sri Mulyani menegaskan pemerintah belum melakukan pembahasan soal hal tersebut.

‎”Kita tidak bicara itu sekarang, pokoknya kita lihat sumbernya,” ujar dia.

Sumber : liputan6.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: