Sri Mulyani Harap APBN 2018 Bisa Dorong Peran Swasta

Sri Mulyani Harap APBN 2018 Bisa Dorong Peran Swasta

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 harus mampu menjadi katalisator untuk mendorong peran swasta dalam pembangunan nasional. Sebab, kapasitas fiskal yang ada dalam APBN 2018 terbatas.

“APBN harus mampu menjadi katalisator untuk mendorong peran swasta yang lebih besar, khususnya untuk pembiayaan pembangunan infrastruktur strategis yang perlu melibatkan sektor swasta,” kata Sri Mulyani di Istana Bogor, Rabu, 6 Desember 2017.

Sri Mulyani mengatakan hal tersebut saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran dan Buku daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa 2018. Acara itu dihadiri Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, para menteri Kabinet Kerja, gubernur, bupati, dan wali kota.

Menurut Sri Mulyani, dengan melibatkan peran swasta, pemerintah dapat berfokus pada upaya-upaya pengurangan kemiskinan dan kesenjangan, penciptaan lapangan kerja, dan meningkatkan daya saing.

Lebih jauh, dia mengatakan volume belanja negara dalam APBN 2018 mencapai Rp 2.220,7 triliun, yang terdiri atas dua belanja. Pertama, belanja pemerintah pusat yang dialokasikan melalui kementerian/lembaga (K/L) Rp 847,4 triliun dan non-K/L Rp 607,1 triliun.

Belanja itu diprioritaskan untuk mengatasi kesenjangan dan kemiskinan, pembangunan infrastruktur, memacu sektor unggulan, perbaikan aparatur negara dan pelayanan pemerintah, serta peningkatan pertahanan keamanan dan penyelenggaraan demokrasi.

Kedua, kata Sri Mulyani, transfer ke daerah dan dana desa Rp 766,2 triliun. Belanja tersebut diarahkan untuk meningkatkan jumlah dan mutu layanan publik di daerah, menciptakan kesempatan kerja, mengentaskan kemiskinan, dan mengurangi ketimpangan antardaerah.

Sumber : tempo.co

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: