Menkeu Tunjuk Robert Pakpahan Jadi Ketua Baru Tim Reformasi Pajak

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati akan mengganti ketua tim reformasi pajak dengan menunjuk Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak, Robert Pakpahan. Sebelumnya posisi ketua dipegang Staf Ahli Menkeu Bidang Kepatuhan Pajak, Suryo Utomo.

“Iya betul (dari Suryo ke Robert). Selama ini dengan ada perubahan dari Dirjen Pajak, kita me-reviewkomposisi dan job description-nya,” kata dia usai acara Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Indonesia Eximbank dan Perguruan Tinggi Negeri di kantornya, Jakarta, Kamis (21/12/2017).

Sri Mulyani beralasan, penunjukkan tersebut karena Robert Pakpahan dinilai sudah berpengalaman sebagai ketua tim reformasi pajak pada tahun-tahun sebelumnya.

“Jadi Pak Robert akan bisa lebih involve, terlibat, dan memimpin. Sedangkan pembagian divisi di antara para Eselon I di Ditjen Pajak sendiri,” terangnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengaku, reformasi juga dilakukan di Ditjen Bea dan Cukai dengan membentuk tim reformasi kepabeanan dan cukai di periode Desember tahun lalu bersamaan dengan tim reformasi pajak. Untuk tim reformasi kepabeanan dan cukai diketuai oleh Dirjen Bea dan Cukai, Heru Pambudi.

“Jadi sekarang Dirjen Pajak dan Dirjen Bea Cukai bisa semakin pairing yang levelnya sama untuk bisa sama-sama mendorong reformasi tersebut supaya lebih fokus ke hal itu,” paparnya.

Sementara mengenai payung hukum perombakan tim reformasi pajak, Sri Mulyani akan segera menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK). “Tidak pakai transisi. Kita ubah saja melalui PMK dan kita akan sampaikan ke seluruh tim reformasi dan stakeholder di luar,” ucapnya.

Sumber : liputan6.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: