Pajak Shorfall Rp 130 Triliun

Pemerintah memproyeksikan shortfall atau kekurangan penerimaan pajak dalam APBN-P 2017 sekitar Rp 110 triliun sampai Rp 130 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, penerimaan pajak masih akan diupayakan, pasalnya hingga 15 Desember 2017 penerimaan pajak yang sudah terkumpul mencapai Rp 1.058,4 triliun atau 82,46% dari target Rp 1.283,6 triliun dalam APBN-P 2017.

“Rincian penerimaan pajak terdiri dari pajak penghasilan minyak dan gas (PPh Migas) Rp 49,6 triliun dan pajak nonmigas senilai Rp 1.008,8 triliun,” ungkap Menkeu.

Dia memperkirakan penerimaan pajak tahun ini akan mengalami kekurangan sekitar Rp 110 triliun hingga Rp 130 triliun. Artinya, proyeksi realisasinya hanya berkisar 89,87% hingga 91,4% dari target. Menkeu menjelaskan, pemerintah masih harus mengejar setoran pajak sebesar Rp 225,2 triliun.

Dia mengungkapkan, pemerintah masih akan terus mengupayakan penerimaan pajak hingga akhir tahun meskipun ada shortfall sampai Rp 130 triliun dengan membuat langkah strategi khusus. Pertama, terus memonitor seluruh pundi-pundi penerimaan pajak baik dari perseorangan maupun korporasi.

Kedua, akan melihat semua sektor terutama dari harga-harga komoditas yang mengalami kenaikan dan melihat koorporasi kemungkinan top up-nya di atas itu berapa.

Ketiga, akan melihat data dari tax amnesty (TA) dan yang memiliki potensi penerimaan. Jika harta yang sudah selesai dan tidak produktif, tidak dipengaruhi penerimaan, namun jika harta itu pabrik, maka akan memiliki konsekuensi ke penerimaan.

Sumber : beritasatu.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: