Sri Mulyani: Ladang Investasi RI Lebih Menarik dari AS

Sri Mulyani: Ladang Investasi RI Lebih Menarik dari AS

Lolosnya Rancangan Undang-Undang (RUU) Pajak Amerika Serikat (AS) dalam Kongres berpotensi menimbulkan adanya aliran modal keluar atau capital outflow. Namun hal itu tak dikhawatirkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Ani–sapaan akrab Sri Mulyani–mengatakan sebenarnya kebijakan reformasi pajak AS diperuntukan agar dana yang selama ini keluar dari AS saat kebijakan quantitative easing dan berada di negara-negara berkembang agar kembali ke AS.

“AS lakukan kebijakan yang memberikan dampak terhadap kepercayaan ekonominya. Maka uang yang selama ini ditanamkan di luar Amerika menjadi lebih tertarik untuk ditanamkan di Amerika. Jadi sebetulnya bukan capital outflow,” kata Ani di KPPN Jakarta II, Jakarta Pusat, Kamis, 21 Desember 2017.

Kendati demikian, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini percaya dengan fundamental ekonmi Indonesia yang kuat, tak akan membuat dana-dana tersebut keluar.

Dirinya mengungkapkan ekonomi Indonesia jauh lebih tinggi dibanding ekonomi AS. Indonesia memiliki bonus demografi usia muda yang lebih besar, serta dari prospek perekonomian yang masih bisa tumbuh lebih tinggi.

“Jadi jika semua yang disebut capital outflow itu mencari tempat yang paling menarik, Indonesia memiliki tempat yang lebih menarik dari Amerika Serikat untuk menaruh dana,” ucap Ani.

Dirinya berkata demikian bukan tanpa sebab. Pemerintah dalam instruksi Presiden Joko Widodo berupaya terus menerus memperbaiki iklim investasi dan bisnis di tanah air. Hal tersebut pun telah membuahkan hasil yakni adanya kenaikan peringkat kemudahan berusahan (EoDB) ke level 72 dari sebelumnya di posisi 91.

Kemudian hasil lainnya yakni dengan meningkatnya rating dan outlook surat utang Indonesia dari berbagai lembaga rating dunia menandakan bahwa ekonomi Indonesia dipandang memiliki prospek cerah.

“Kita bisa mengatakan berbisnis dan investasi di Indonesia itu lebih menarik, sehingga kita bisa menahan kemungkinan capital outflow untuk kembali ke AS,” pungkas dia.

Lolosnya Rancangan Undang-Undang (RUU) Pajak Amerika Serikat (AS) dalam Kongres berpotensi menimbulkan adanya aliran modal keluar atau capital outflow.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: