Daya Beli Lesu, Masyarakat Tetap Berlibur Jelang Natal dan Tahun Baru

https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 24 320 1835273 daya-beli-lesu-masyarakat-tetap-berlibur-jelang-natal-dan-tahun-baru-visJt7iWal.jpg

Natal dan Tahun Baru akan segera datang. Ini berarti liburan telah tiba. Banyak masyarakat yang memanfaatkan liburan Natal dan Tahun baru ini untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di tempat wisata.

Ketua Asosiasi Travel Indonesia Asnawi mengatakan, penurunan daya beli tidak mempengaruhi jumlah wisatawan. Artinya, jumlah wisatawan tetap meningkat meskipun ada fenomena pelemahan daya beli.

“Penurunan daya beli tidak berpengaruh,” jelasnya kepada Okezone,Minggu (24/12/2017).

 Hal ini dikarenakan para wisatawan yang melakukan perjalanan lintas provinsi, pulau, atau bahkan negara merupakan wisatawan yang datang dari kelas atas. Jadi penurunan daya beli tidak berdampak pada para wisatawan yang ingin berlibur.

“Wisatawan kan pada umumnya dari kalangan atas yang memang sudah mapan. Jadi, ya mereka karena sudah mapan itu kan tidak ada masalah,” tukasnya.

Tidak hanya itu, ia juga mengatakan biasanya wisatawan dari kalangan menengah ke bawah akan berlibur di sekitar domisili mereka. Jadi sesungguhnya mereka tetap berlibur meski terjadi penurunan daya beli.

“Bukan berarti masyarakat menengah ke bawah ini tidak berlibur. Mereka biasanya akan menyesuaikan dengan kebutuhan mereka. Jadi biasanya mereka misalnya berlibur di daerah-daerah yang dekat dengan tempat tinggalnya,” ungkapnya.

Ia kemudian menambahkan, lesunya daya beli bukan hanya karena penurunan pendapatan. Ia mengatakan, menurut beberapa penelitian, lesunya daya beli ini karena selera masyarakat yang mulai berubah. Dari yang tadinya gemar belanja kini banyak masyarakat yang memilih berlibur untuk memuaskan dan memanjakan dirinya.

“Sebenarnya penurunan daya beli itu bukan karena pendapatan saja yang menurun. Ini juga karena tingkah laku masyarakat muali berubah dari yang suka belanja, sekarang jadi sukanya jalan-jalan atau traveling,” tukasnya.

Dengan terjadinya perubahan perilaku masyarakat, lesunya daya beli tak berpengaruh pada jumlah wisatawan di libur akhir tahun ini. Volume wisatawan jelang natal dan tahun baru ini diketahui telah melampaui target 255 juta wisatawan.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: